Kesehatan Bank di Amerika Bikin Investor Ketar-ketir, Wall Street Ditutup Ambles

Sabtu, 11 Maret 2023 - 09:07 WIB
loading...
Kesehatan Bank di Amerika Bikin Investor Ketar-ketir, Wall Street Ditutup Ambles
Indeks utama Wall Street ditutup ambles lebih dari 1% pada perdagangan Jumat (10/3) waktu setempat atau hari ini WIB. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Indeks utama Wall Street ditutup ambles lebih dari 1% pada perdagangan Jumat (10/3) waktu setempat atau hari ini WIB. Hal ini terjadi akibat investor lari ke luar lantaran dipicu kekhawatiran akan kesehatan bank-bank di Amerika Serikat (AS) menyusul kegagalan pemberi pinjaman terkemuka untuk sektor teknologi serta laporan pekerjaan di Februari yang lebih dari ekspektasi.

Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average (.DJI) merosot 345,22 poin atau 1,07% menjadi 31.909,64. Indeks S&P 500 (.SPX) kehilangan 56,73 poin atau 1,45% menjadi 3.861,59. Indkes Nasdaq Composite (.IXIC) anjlok 199,47 poin atau 1,76% menjadi 11.138,89.

Regulator perbankan California mengatakan mereka menutup SVB Financial Group (SIVB.O) untuk melindungi simpanan dalam kegagalan bank terbesar sejak krisis keuangan. Krisis modal di SVB telah menekan saham perbankan secara global.

SVB telah mencoba tetapi gagal menopang neracanya melalui penjualan saham yang diusulkan pada Rabu (8/3) malam. Pada hari yang sama, pemberi pinjaman kripto Silvergate Capital (SI.N) menyatakan akan berhenti setelah kerugian besar dari runtuhnya bursa cryptocurrency FTX.

"Ada kekhawatiran keretakan mungkin muncul dalam sistem keuangan sebagai akibat dari kenaikan suku bunga agresif Federal Reserve," ujar Kepala Investasi BMO di Minneapolis, Carol Schleif. "Ketakutannya adalah apakah itu lebih luas dari satu bank industri dan satu segmen ekonomi," imbuhnya.

Sementara banyak investor melihat melalui kepemilikan bank mereka untuk tanda-tanda risiko, Schleif mengatakan banyak dari kelemahan dalam saham-saham bank regional berasal dari "pepatah menembak dulu mengajukan pertanyaan kemudian."

Indeks perbankan regional KBW (.KRX) mengakhiri sesi turun 2,4% sementara indeks keuangan S&P 500 (.SPSY) ambles 1,8%. Schleif dan investor lainnya mengatakan mereka berharap peraturan ditambahkan ke sistem perbankan AS sejak krisis keuangan 2008 akan mencegah bencana serupa. "Tapi tetap saja orang-orang sangat gugup karena mereka tidak ingin terulang kembali," katanya.

Semua 11 sektor industri S&P 500 melemah. Real estate (.SPLRCR), turun 3,3%, memimpin penurunan sementara consumer staples (.SPLRCS) berkinerja terbaik, turun hanya 0,5%.

Untuk minggu ini, S&P kehilangan 4,6% dalam persentase penurunan mingguan terbesar sejak September tetapi bertahan pada kenaikan kecil tahun ini sebesar 0,6%.

Dow turun 4,4% untuk minggu ini dan turun lebih dari 3% tahun ini sementara Nasdaq turun 4,7% minggu ini tetapi naik lebih dari 6% untuk tahun 2023.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1966 seconds (0.1#10.140)