Aktif Lawan Corona, BNI Syariah Diganjar 20 Pilar Finansial Indonesia Award

Jum'at, 17 Juli 2020 - 16:05 WIB
loading...
Aktif Lawan Corona, BNI Syariah Diganjar 20 Pilar Finansial Indonesia Award
BNI Syariah BNI berupaya menjaga stabilitas kinerja di tengah kondisi pandemi Covid-19. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - BNI Syariah meraih penghargaan 20 Pilar Finansial Indonesia Award 2020 dari The Iconomics. Penghargaan ini diberikan secara virtual dalam acara Webinar & Virtual Award Indonesia dengan tema Menjaga Resiliensi Industri Finansial “Peluang dan Tantangan Industri Keuangan dengan Menakar Ketahanan dan Kekuatan di Babak Kenormalan Baru”, Kamis (16/7).

Pemimpin Divisi Kesekretariatan dan Komunikasi Perusahaan BNI Syariah, Bambang Sutrisno mengatakan, award ini ditujukan kepada perusahaan-perusahaan jasa keuangan di Indonesia yang memiliki peran besar dalam perekonomian nasional.

The Iconomics menggunakan beberapa kriteria penilaian yang disaring berdasarkan sejumlah alat ukur baik bersifat kuantitatif dan kualitatif diantaranya adalah ekspos media, kontribusi dukungan penanganan Covid-19, dan dampak ekonomi.

Adapun secara spesifik penghargaan diberikan kepada perusahaan perbankan dan pembiayaan (multifinance) yang aktif memberikan bantuan dan dukungan penanganan Covid-19 yang tertangkap pada media.

Menurut Bambang, penghargaan 20 Pilar Finansial Indonesia Award 2020 kategori perbankan ini memacu perseroan untuk terus menjaga stabilitas kinerja BNI Syariah ditengah kondisi pandemi Covid-19 dan menjadi mitra yang semakin Hasanah bagi segenap masyarakat.

"Dalam rangka membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, BNI Syariah bekerja sama dengan Yayasan Hasanah Titik telah menyalurkan bantuan senilai lebih dari Rp4 miliar," ujarnya di Jakarta, Jumat (17/7/2020). (Baca juga:
Literasi Rendah, Perbankan Syariah Masih Hadapi Tantangan )

Penyaluran bantuan yang dilakukan diantaranya adalah melalui program Tebar Hasanah untuk Negeri dengan tema BerHasanah dengan Berbagi yaitu Bersama #BNISyariahLawanCorona. Kegiatan yang dilakukan diantaranya #TetanggakuHasanahku yaitu berbagi kebutuhan pokok, makanan sehat dan masker untuk tetangga yang membutuhkan.

BNI Syariah juga bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyelenggarakan program Donasi Rutin Tanpa Lupa melalui Fitur Smart Shadaqah, merupakan fitur pendebetan BNI iB Hasanah Card secara rutin tiap bulan untuk donasi melalui kerjasama dengan badan amil.

"Diharapkan fitur ini dapat memberikan kemudahan donasi dan bisa lebih berkontribusi untuk masyarakat yang terkena musibah/bencana salah satunya terkait pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini" ungkap dia.

Sementara itu, untuk antisipasi kondisi usaha nasabah, BNI Syariah memberikan keringanan (restrukturisasi) berupa penundaan pembayaran kepada nasabah yang terdampak Covid-19. Bentuk keringanan restrukturisasi yang diberikan akan disesuaikan dengan kondisi dan jenis usaha nasabah. Restrukturisasi ini diharapkan dapat membantu memudahkan nasabah dalam hal pembayaran kewajibannya.

Menurut Bambang, BNI Syariah terus mengkokohkan layanan digital demi mempermudah transaksi nasabah, diantaranya melalui aplikasi uang elektronik syariah pertama di Indonesia yaitu HasanahKu yang menjadi salah satu flagship positioning BNI Syariah dalam digitalisasi dan sistem pembayaran.

"HasanahKu dipasarkan sebagai value added product pada area atau segmen yang menjadi kekuatan BNI Syariah yaitu ekosistem halal, lembaga pendidikan, lembaga kesehatan dan lembaga Ziswaf, sehingga terbentuk kemitraan strategis menggunakan skema business to business (B2B) dengan ekosistem merchant dan community base yang salah satunya diwujudkan melalui kolaborasi dengan perusahaan rintisan (startup) berbasis teknologi serta perusahaan teknologi finansial (fintech)," paparnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1124 seconds (0.1#10.140)