Sosialisasi ke Petani, Pupuk Kaltim Gelar Jalan Sehat di Kalteng

Senin, 13 Maret 2023 - 10:55 WIB
loading...
Sosialisasi ke Petani, Pupuk Kaltim Gelar Jalan Sehat di Kalteng
Acara Jalan Sehat Bersama BUMN dalam rangka memperingati HUT ke-25 Kementerian BUMN di empat wilayah di Kalimantan Tengah. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menegaskan dukungannya atas program pemerintah dalam memperkuat pembangunan sektor pertanian, khususnya di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng). Sebagai bagian dari Pupuk Indonesia Holding Company, Pupuk Kaltim memastikan dukungan ke sektor pertanian tersebut melalui pendistribusian pupuk ke petani.

Pupuk Kaltim memastikan produksi dan distribusi pupuk aman selama periode musim tanam pertama tahun 2023 (Maret-April 2023) melalui produksi 5 pabrik amoniak, 5 pabrik urea, dan 3 pabrik NPK serta 137 gudang yang tersebar di seluruh Indonesia.



Komitmen produksi, distribusi, dan keamanan stok pupuk Pupuk Kaltim untuk mendukung target holding PT Pupuk Indonesia (Persero) pada tahun ini. Pupuk Indonesia menargetkan produksi pupuk tahun 2023 sebesar 12,3 juta ton yang meliputi pupuk subsidi maupun nonsubsidi. Dengan kemampuan produksi tersebut, perseroan memastikan siap memenuhi kuota pupuk subsidi yang sudah ditetapkan pemerintah.

Sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah, Pupuk Kaltim menyelenggarakan Jalan Sehat Bersama BUMN dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 Kementerian BUMN di empat wilayah di Kalimantan Tengah. Acara jalan tersebut digelar secara serentak pada Minggu (12/3/2023) di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Seruyan. Selain dalam rangkaian HUT Kementerian BUMN, kegiatan ini juga sebagai bentuk sosialisasi Pupuk Kaltim kepada para petani di 4 kabupaten di Kalteng tersebut.

SVP Teknik Pupuk Kaltim Gatot Pramu Handoko mengatakan bahwa program jalan sehat ini merupakan bukti bahwa BUMN selalu berada di tengah-tengah masyarakat. "Kegiatan ini akan terus dilaksanakan setiap pekannya hingga puncak peringatan HUT Kementerian BUMN pada April 2023," ujarnya melalui siaran pers yang diterima, Senin (13/3/2023).



Berkolaborasi dengan BUMN lain, Pupuk Kaltim menjadi koordinator bagi beberapa BUMN yang ada di masing-masing wilayah. Untuk pelaksanaan di Kotawaringin Timur, Pupuk Kaltim berkolaborasi dengan PT Biofarma dan PT RNI. Di Katingan, Pupuk Kaltim berkolaborasi dengan PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) dan PT PP (Persero) Tbk. Di Kabupaten Kotawaringin Barat, Pupuk Kaltim berkolaborasi dengan PT Biofarma (Persero) dan PTPP. Sementara di Kabupaten Seruyan, penyelenggaraan dilakukan oleh Pupuk Kaltim yang berkolaborasi dengan PT KAI dan PT Pos Indonesia.

Dalam perayaan di Kotawaringin Timur, Minggu (12/3), Wakil Bupati Kotawaringin Timur Irawati yang turut serta dalam kegiatan tersebut mencetuskan harapannya agar sinergitas Pemkab Kotawaringin Timur dengan BUMN bisa mempercepat pembangunan. "Acara ini kita apresiasi karena berdampak positif. Apalagi BUMN bisa bersinergitas dengan pemerintah untuk sama-sama membangun daerah," ujarnya.

Mendukung geliat ekonomi lokal, dalam kegiatan tersebut disediakan pula stand yang diisi oleh kelompok usaha mikro kecil menengah (UMKM). Stand-stand UMKM tersebut menyediakan berbagai olahan rumah seperti makanan, minuman, jamu, tas, dan barang olahan lokal lainnya. "Semoga dengan adanya UMKM ini produk kita makin dikenal, dan perekonomian kita juga tumbuh," ujar Irawati.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4643 seconds (0.1#10.140)