Pemerintah Guyur Insentif Kendaraan Listrik, PLN Kebut Pembangunan SPKLU dan SPBKLU

Senin, 13 Maret 2023 - 14:19 WIB
loading...
Pemerintah Guyur Insentif Kendaraan Listrik, PLN Kebut Pembangunan SPKLU dan SPBKLU
Sebanyak 616 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sudah tersedia untuk dimanfaatkan oleh pemilik mobil listrik. Foto/SINDOnews/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Sejalan dengan langkah pemerintah memberikan insentif untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik, PT PLN (Persero) berkomitmen menyiapkan infrastruktur kendaraan listrik di seluruh pelosok negeri.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, perseroan telah siap menyambut masifnya penggunaan kendaraan listrik di Tanah Air.

Menurut dia, saat ini sebanyak 616 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sudah tersedia untuk dimanfaatkan oleh pemilik mobil listrik dan 1.056 unit Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik motor listrik.

Jumlah SPKLU dan SPBKLU tersebut akan terus ditingkatkan dengan menggandeng berbagai pihak untuk bisa mempercepat pembangunannya.

“PLN akan terus mendukung segala program pemerintah untuk percepatan ekosistem kendaraan listrik. Ke depannya, PLN akan terus mendorong pembangunan SPKLU dan SPBKLU di kota-kota lain, sehingga, semua masyarakat bisa menggunakannya,” ujarnya, Senin (13/3/2023).

Selain SPKLU dan SPBKLU, ungkap Darmawan, PLN juga mengoperasikan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) yang tidak hanya bisa digunakan oleh masyarakat yang memiliki usaha kecil tetapi juga para pengendara motor listrik dengan tipe mounted charging. Saat ini PLN sudah mengoperasikan 6.705 SPLU di seluruh Indonesia dengan total daya terpasang 35,3 MVA.

"Khusus di Jakarta saja, kami mengoperasikan 2.995 SPLU yang bisa kapan saja digunakan oleh pengendara roda dua. Jadi kami tidak hanya menyiapkan stasiun penukaran baterai saja tetapi motor listrik milik warga bisa melakukan pengisian daya di SPLU ini," paparnya.

Selain tempat pengisian daya secara umum, PLN juga bekerja sama dengan seluruh produsen kendaraan listrik untuk menyediakan fasilitas home charging bagi para pemilik kendaraan listrik. Saat ini sudah ada 1.080 unit home charging di seluruh provinsi di Indonesia.

Melalui kerja sama dengan produsen kendaraan listrik, konsumen saat membeli kendaraan listrik otomatis akan mendapatkan fasilitas home charging berupa pemasangan peralatan secara gratis, integrasi dengan sistem PLN dan juga mendapatkan diskon tambah daya listrik.

Darmawan menambahkan, PLN juga telah menyediakan platform digital pendukung yaitu Electric Vehicle Digital Services (EVDS) pada aplikasi PLN Mobile, guna mempermudah masyarakat mencari tahu lokasi SPKLU dan SPBKLU terdekat. Melalui platform ini, masyarakat juga dapat memantau pengeluaran biaya listrik kendaraan listrik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)