Tren Anak Muda Cari Cuan di Reksa Dana Meningkat

Senin, 13 Maret 2023 - 16:07 WIB
loading...
Tren Anak Muda Cari Cuan di Reksa Dana Meningkat
Kesadaran anak muda mengelola keuangannya semakin tinggi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kesadaran investasi di anak muda semakin terus meningkat di setiap tahunnya, dengan kata lain anak muda kini sudah semakin baik dalam manajemen keuangan pribadi. Terbukti dari semakin meningkatnya jumlah investor pasar modal di Indonesia, menurut data yang dirilis KSEI pada tahun 2022 terjadi peningkatan jumlah investor yang cukup tajam, yakni sebesar 37,68% dibanding tahun 2021 atau meningkat sebanyak 2.821.815 investor baru pada tahun 2022.



Investasi kini selain sebagai cara mempersiapkan masa pensiun yang lebih baik nantinya, juga sudah mulai menjadi tren di kalangan anak muda. Capaian itu juga semakin diperkuat dengan kemajuan teknologi, seperti semakin banyaknya aplikasi daring investasi.

Reksa dana adalah salah satu instrumen investasi yang paling diminati oleh masyarakat, menurut data KSEI pada tahun 2022 terjadi kenaikan yang cukup tinggi pada jumlah investor, yakni sebesar 40,41% atau sebesar 3.664.809 investor baru di reksa dana. Gaya hidup anak muda yang perlahan mulai bergeser dari menghabiskan uang menjadi mengembangkan uang melalui investasi. Seperti di salah satu aplikasi daring investasi yang menggunakan mega bintang K-Pop Lisa Blackpink agar menarik para anak muda untuk investasi.

Head Marketing Communication MNC Asset Management Zulfi Anfan Zulkarnain mengatakan,”Betul memang saat ini terjadi pergeseran pola gaya hidup di kelompok anak-anak muda, bahkan dana yang ada di pasar modal pada kelompok umur di bawah 30 tahun sebesar Rp52,73 triliun, dengan kata lain atmosfer investasi di anak-anak muda sudah sangat positif. Salah satu investasi yang sangat mungkin dan mudah untuk dilakukan oleh anak muda dan investor pemula adalah reksa dana, karena bisa dimulai dengan dana kecil dan tentunya sangat mudah dijalankan,” pungkas Zulfi.

Reksa dana, lanjut Zulfi, juga sampai saat ini masih bebas dari pajak dan channel penjualannya juga sangat luas, sehingga anak-anak muda dapat dengan mudah untuk membeli reksa dana. Salah satu kelebihan dari reksa dana lagi adalah adanya diversifikasi investasi atau akan dipecah ke beberapa instrumen. Sehingga investasi ini bukan hanya ditanamkan pada satu perusahaan saja, namun di beberapa perusahaan.



Adapun anak-anak muda yang masih dalam umur produktif bisa mulai mencari cuan di reksa dana pendapatan tetap, yang sebagian besar portofolio efeknya berasal dari obligasi. Bagi kamu yang ingin membeli reksa dana pendapatan tetap MNC Dana Likuid dengan imbal hasil 6,81% p.a dan MNC Dana Syariah dengan imbal hasil 7,08% p.a berdasarkan NAB per 10 Maret 2023 bisa melalui www.motionfunds.id .
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1944 seconds (0.1#10.140)