Pasok BBM ke 19 Wilayah, Nicke Ungkap Dampak bila Operasional Depo Pertamina Plumpang Terhenti

Selasa, 14 Maret 2023 - 19:36 WIB
loading...
Pasok BBM ke 19 Wilayah, Nicke Ungkap Dampak bila Operasional Depo Pertamina Plumpang Terhenti
Dirut Pertamina Nicke Widyawati mengungkap dampak jika operasional Depo Pertamina Plumpang terganggu. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) memastikan penghentian sementara operasional Depo Pertamina Plumpang , Jakarta Utara, berdampak besar terhadap suplai BBM di 19 kabupaten/kota. Pasalnya, 15% pasokan BBM nasional bersumber dari Depo Pertamina Plumpang.



Dari depo itu, bahan bakar berbasis fosil disalurkan ke 790 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) untuk nelayan, Pertashop, hingga 304 customer industri.

"Jadi ada permasalahan yang terjadi sehingga tidak dapat beroperasi, ini bisa mengakibatkan suplai (terganggu) di 19 kabupaten/kota. Secara nasional, 15% dari stok nasional ada di Plumpang," ungkap Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati saat rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR RI, Selasa (14/3/2023).

Nicke mengungkap, kebakaran atau insenden lain yang menimpa Depo Pertamina Plumpang akan berdampak luas. Apalagi jika operasional depo terpaksa harus dihentikan.

"Sehingga kalau terjadi insiden atau dioff-kan terminal Plumpang dampaknya bisa meluas," katanya.

Dari seluruh integrated terminal BBM Jakarta, lanjut Nicke, Depo Pertamina Plumpang merupakan terminal tersibuk. Pasalnya, kurang lebih ada 1.000 kali pengisian BBM ke mobil tangki dalam jangka waktu sehari saja.



"Jadi satu mobil tangki bisa tiga atau empat kali bolak balik untuk mengisi di stasiun pengisian di area Terminal Plumpang," tutur dia.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1756 seconds (0.1#10.140)