Raksasa Bank Swiss di Ambang Kebangkrutan, Wall Street Ditutup Variatif

Kamis, 16 Maret 2023 - 07:00 WIB
loading...
Raksasa Bank Swiss di Ambang Kebangkrutan, Wall Street Ditutup Variatif
Wall Street memangkas kerugian pada akhir perdagangan Rabu (15/3) waktu setempat, tetapi Dow Jones dan S&P 500 ditutup masih lebih rendah. Foto/Dok
A A A
NEW YORK - Wall Street memangkas kerugian pada akhir perdagangan Rabu (15/3) waktu setempat, tetapi Dow Jones dan S&P 500 ditutup masih lebih rendah. Hal itu karena masalah Swiss Credit Suisse menghidupkan kembali kekhawatiran akan krisis perbankan , sedangkan kenaikan suku bunga The Fed diproyeksi lebih kecil bulan ini.



Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average (.DJI) turun 280,83 poin atau 0,87% menjadi 31.874,57. Sementara indeks S&P 500 (.SPX) kehilangan 27,36 poin atau 0,70% menjadi 3.891,93 dan Nasdaq Composite (.IXIC) bertambah 5,90 poin atau 0,05% menjadi 11.434,05.

Benchmark indeks mendapatkan kembali kekuatan pada akhir perdagangan setelah Bloomberg melaporkan pemerintah Swiss sedang mengadakan pembicaraan tentang opsi untuk menstabilkan raksasa perbankan negara itu. Komposit Nasdaq ditutup dengan sedikit keuntungan.

"Kami melihat pergerakan pada berita utama, tetapi yang bagus. ... Saya tidak berpikir kita berada pada tahap 2008-2009 dengan cara apa pun dalam hal penularan," kata co-manager Themis Trading dari perdagangan, Joe Saluzzi.



Namun, masalah Credit Suisse menambah tekanan pada sektor perbankan setelah otoritas AS membebaskan investor dengan tindakan darurat untuk mencegah penularan setelah runtuhnya SVB Financial (SIVB.O) dan Signature Bank (SBNY.O).

Beberapa investor percaya kenaikan suku bunga AS yang agresif oleh Federal Reserve menyebabkan keretakan dalam sistem keuangan.

"Mereka telah memperketat pada tingkat yang paling curam dan paling dramatis yang telah kita lihat sejak 1980, jadi saya pikir ini bisa menjadi kesempatan bagi mereka untuk berhenti," kata CIO Cresset Capital, Jack Ablin.

Saham Credit Suisse yang terdaftar di AS mencapai rekor terendah, setelah investor terbesarnya mengatakan, tidak dapat memberikan lebih banyak pembiayaan kepada bank, memulai kekalahan di pemberi pinjaman Eropa dan juga menekan bank-bank AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1262 seconds (0.1#10.140)