Investigasi Kebakaran Depo Plumpang Belum Rampung, Dirut Pertamina Bilang Begini

Kamis, 16 Maret 2023 - 13:04 WIB
loading...
Investigasi Kebakaran Depo Plumpang Belum Rampung, Dirut Pertamina Bilang Begini
Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati berbicara, soal investigasi kebakaran Depo Plumpang saat rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR RI. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menegaskan, investigasi kebakaran Depo atau Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM), Plumpang , Jakarta Utara masih berjalan. Direktur utama Pertamina, Nicke Widyawati memastikan, pihaknya akan menyerahkan hasil investigasi kepada Komisi VII DPR RI, setelah semua proses difinalisasikan.



Adapun investigasi dilakukan oleh Aparat Penegak Hukum (APH), Tim Teknis Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas), serta tim internal Pertamina.

"Terkait investigasi Bapak, Ibu ini masih berjalan, di mana timnya adalah tim dari APH, ditambah Tim Teknis dari Dirjen Migas, dan Tim Pertamina internal, jadi kami belum menerima hasil investigasi ini," ungkap Nicke saat rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR RI, Kamis (16/3/2023).



Pasca insiden kebakaran Depo Plumpang , langkah pertama yang dilakukan Pertamina adalah mengamankan pasokan BBM agar tidak terjadi kelangkaan. Menurutnya, kelangkaan BBM akan terjadi di Jabodetabek dan Banten, bahkan meluas ke daerah lainnya, jika pengamanan tidak dilakukan.

"Karena itu, kami pastikan langsung suplai BBM yang tadinya menggunakan pipa dari Kilang Balongan, ini kita stop dan diganti dengan pengiriman dari laut," ucap Nicke.

Penghentian sementara operasional Depo Plumpang, lanjut dia, akan berdampak besar terhadap suplai BBM di 19 daerah. Nicke mengatakan secara nasional 15% pasokan BBM berada di TBBM Plumpang.

Dari TBBM itu, bahan bakar berbasis fosil itu disalurkan ke 790 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) baik umum maupun nelayan, Pertashop, hingga 304 customer industri.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2432 seconds (0.1#10.140)