Jelang Lebaran, Landas Pacu Bandara Halim Akan Dilakukan Pemeliharaan

Minggu, 19 Maret 2023 - 18:00 WIB
loading...
Jelang Lebaran, Landas Pacu Bandara Halim Akan Dilakukan Pemeliharaan
Landasan pacu Bandara Halim Perdanakusuma akan dilakukan pemeliharaan. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan pemeliharaan landas pacu (runway) di Bandara Halim Perdanakusuma . Pemeliharaan runway akan dilaksanakan 22-28 Maret 2023 mulai pukul 18.00-05.00 WIB.

"Waktu pelaksanaan pemeliharaan runway tersebut dikecualikan untuk penerbangan VVIP dan apabila terdapat penerbangan lain yang bersifat mendesak serta untuk dukungan kepada kepentingan negara," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni dalam rilisnya, Minggu (19/3/2023).



Dia mengatakan pemeliharaan runway bandara Halim Perdanakusuma dilakukan untuk memenuhi aspek keselamatan penerbangan guna mendukung kelancaran angkutan udara lebaran 1444 Hijriah.

Lebih lanjut, waktu pemeliharaan selama enam hari tersebut akan dievaluasi sesuai kebutuhan. Sebelum kegiatan dilaksanakan akan dilakukan koordinasi dengan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma.

"Pemeliharaan runway ini tentunya berdampak pada beberapa penerbangan sehingga diperlukan pengaturan rotasi pesawat dan penanganan pelayanan penumpang yang optimal dan efisien," ucapnya.

Untuk diketahui, Bandara Halim Perdanakusuma tetap melayani penerbangan pada rute yang tidak dilayani dari/ke Bandara Soekarno-Hatta (CGK) seperti Halim - Malang, Halim-Bengkulu, Halim- Ngloram, serta Halim-Yogyakarta.



Selanjutnya akan dilakukan mitigasi berupa mekanisme pengajuan extra flight untuk mengakomodir penambahan permintaan yang disebabkan oleh pengalihan penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Soekarno-Hatta.

Lebih lanjut, Kristi menegaskan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan terus melakukan pengawasan dan kolaborasi dengan stakeholders penerbangan selama masa pemeliharaan runway Bandara Halim Perdanakusuma, untuk memastikan ketersediaan konektivitas rute yang terdampak agar tetap terlayani melalui Bandara Soekarno Hatta.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1268 seconds (0.1#10.140)