Riskan Kecelakaan, Pemerintah Imbau Masyarakat Tidak Mudik Naik Motor

Minggu, 19 Maret 2023 - 20:00 WIB
loading...
Riskan Kecelakaan, Pemerintah Imbau Masyarakat Tidak Mudik Naik Motor
Pemerintah mengimbau masyarakat tidak mudik naik motor. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor karena riskan terjadi kecelakaan di jalan. Perjalanan panjang akan mengakibatkan kelelahan hingga mengantuk saat berkendara.

"Kami mengimbau jangan mudik naik motor karena menurut laporan kepolisian jumlah dari pengguna sepeda motor berbanding kurus dengan kecelakaan," ungkap Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat konfrensi pers virtual, Minggu (19/3/2023).



Dia mengajak masyarakat ikut mudik gratis bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Pihaknya menyiapkan minimal 600 bus. "Saya lagi minta dirjen darat untuk menambah," kata dia.

Tak hanya itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga akan membuka pendaftaran mudik gratis menggunakan kapal laut untuk tujuan Pelabuhan Tanjung Priok-Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah.

Pendaftaran mulai dibuka pada 20 April hingga 7 April 2023. Adapun pendaftaran mudik gratis tersebut bisa dilakukan melalui sistem online mulai tanggal 20 Maret - 7 April sedangkan pendataan offline bisa dilakukan di Kantor Pusat Kemenhub, dan Terminal Penumpang Nusantara, Pelabuhan Tanjung Priok pada tanggal 22 Maret - 7 April.

Lihat Foto: Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Kereta Massal pada 1 April 2023

Berdasarkan laporan Kemenhub, kuota yang disediakan mudik gratis sebanyak 10.000 orang dan 5.000 unit sepeda motor. Terbagi dalam 5.000 orang arus mudik, 5000 orang arus balik. Syarat dokumen yang dibutuhkan, yakni KTP, SIM C, STNK, dan Kartu Keluarga (KK) asli.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1609 seconds (0.1#10.140)