Lagi, PLN Perkuat Sistem Kelistrikan di Ambon dan Jawa Barat

Sabtu, 18 Juli 2020 - 11:37 WIB
loading...
Lagi, PLN Perkuat Sistem Kelistrikan di Ambon dan Jawa Barat
PLN telah mengoperasikan Gardu Induk (GI) Wayame berkapasitas 2 x 30 Mega Volt Ampere (MVA). Beroperasinya GI Wayame meningkatkan mutu dan keandalan pasokan listrik di Ambon. Foto/Dok
A A A
AMBON - PLN telah mengoperasikan Gardu Induk (GI) Wayame berkapasitas 2 x 30 Mega Volt Ampere (MVA). Beroperasinya GI Wayame meningkatkan mutu dan keandalan pasokan listrik di Ambon.

"GI Wayame menyuplai 4 Feeder utama secara kontinyu dengan total beban mencapai 8 MW atau 12 persen dari total beban puncak Sistem Ambon," ujar General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) Romantika Dwi Juni Putra.

(Baca Juga: Laris Manis, Program Diskon Tambah Daya PLN Dikerubuti Belasan Ribu Pelanggan )

GI Wayame ini sendiri mendapatkan suplai tenaga listrik dari GI Passo melalui jaringan transmisi 150 kV sepanjang 27,75 kms dengan jumlah tower 42 unit.

Romantika juga menambahkan, bahwa dengan beroperasinya GI Wayame ini maka kualitas tegangan tenaga listrik yang dikirim ke pelanggan dapat ditingkatkan. Dimana dengan jarak Pembangkit yang jauh maka dibutuhkan Gardu Induk untuk menjaga kualitas tegangan yang dikirimkan ke Pelanggan.

"Proses Manuver beban semakin mudah dikarenakan adanya penambahan Gardu Induk yang berfungsi sebagai feeder utama untuk menyalurkan beban ke pelanggan," tambahnya.

(Baca Juga: PLN Gerak Cepat Pulihkan Kelistrikan Luwu Utara Pascabanjir )

Di samping itu, dengan adanya Gardu Induk Wayame maka dapat menghindari overload (beban berlebih) pada trafo Gardu Induk Passo dalam menyuplai listrik ke daerah Wayame, Laha sampai dengan Desa Alang.

Dengan beroperasinya GI Wayame ini, kini terdapat 5 (lima) GI yang beroperasi di Ambon yakni GI Sirimau, GI Passo, GIS Passo, GI Wayame dan GI PLTMG Ambon Peaker.

PLN Energize GITET 500 kV Mandirancan Extension Diameter 5 & 6
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)