Jokowi Minta Gedung Kreatif Hub Tidak Hanya Dibangun di Papua

Selasa, 21 Maret 2023 - 11:49 WIB
loading...
Jokowi Minta Gedung Kreatif Hub Tidak Hanya Dibangun di Papua
Presiden Jokowi meresmikan gedung PYCH, di Kota Jayapura, Papua, Selasa (21/3/2023). FOTO/Raka Dwi Novianto
A A A
JAYAPURA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta gedung kreatif hub seperti Papua Youth Creative Hub (PYCH) dibangun di wilayah lain. Jokowi ingin dibangun di Papua Barat, Maluku, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Aceh.

"Saya minta agar juga dibangun di NTT, di Papua Barat, kemudian di Maluku dan Aceh. Mulai tahun ini sehingga selesainya tahun depan," kata Jokowi saat sambutan meresmikan PYCH, di Kota Jayapura, Papua, Selasa (21/3/2023). Dia meminta daerah lain memiliki gedung kratif hub karena memiliki beragam manfaat.

"Niru semua yang ada di sini. Ditiru aja sudah. Ini sudah sangat bagus sekali. Saya sangat kaget bahwa semuanya ada di PYCH ini. Dari mulai tadi masuk di pembuatan HP, pembuatan laptop, ada podcast, ada studio musik, ada studio untuk fotografi," kata Jokowi.



"Dan juga memamerkan produk-produk yang ada di tanah Papua dengan kemasan dan packaging, dengan branding yang sangat bagus sekali. Kalau ini diteruskan jangan-jangan anak-anak muda di provinsi yang lain ketinggalan dengan anak-anak muda yang di Papua," tambahnya.

Selain itu, Jokowi mengatakan bahwa Indonesia akan mengalami bonus demografi di tahun 2035. Sehingga memerlukan wadah dan kesempatan kerja bagi anak-anak muda khususnya di Papua.

Sebagian besar penduduk Indonesia berusia produktif, dan di Papua akan muncul 2,6 juta atau kurang lebih 60 persen penduduk Papua dan Papua Barat adalah anak-anak muda di tahun 2022 kemarin.



"Sehingga ini memerlukan wadah, memerlukan kesempatan kerja, memerlukan peluang kerja. Dan jangan berpikir kita ini semua pengen jadi PNS. Sehingga saya senang tadi ada yg bergerak di fashion, ada yang bergerak di musik, ada yg bergerak di fotografi, ada yg bergerak di teknologi aplikasi, ini yang sangat bagus. Artinya peluang-peluang itu diisi anak muda kita," ungkapnya
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)