Tiga Bank AS Tumbang, Menko Airlangga: Ini Bukan Hal Biasa

Selasa, 21 Maret 2023 - 16:07 WIB
loading...
Tiga Bank AS Tumbang, Menko Airlangga: Ini Bukan Hal Biasa
Menko Airlangga Hartarto menyinggung, kegagalan tiga bank asal Amerika Serikat (AS) hanya dalam satu pekan sebagai salah satu contoh ketidakpastian global yang harus diwaspadai. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyinggung, kegagalan tiga bank asal Amerika Serikat (AS) hanya dalam satu pekan sebagai salah satu contoh ketidakpastian global. Menurutnya 3 bank AS yang bangkrut dalam kurun waktu berdekatan bukanlah hal yang biasa terjadi.

"Kita lihat di Amerika sudah ada bank yang terus tumbang. Ini bukan hal yang biasa, tentu beberapa hal ini real terjadi dan berbagai negara pun gamang untuk merespons," kata Menko Airlangga kepada wartawan di komplek DPR RI, Selasa (21/3/2023).



Kondisi tidak menentu, dari mulai perang Ukraina-Rusia yang belum berakhir selama satu tahun belakangan. Kemudian climate change serta perubahan cuaca yang berdampak terhadap ketahanan pangan di Indonesia, menurutnya harus jadi perhatian serius.



Airlangga menambahkan bahwa ketidakpastian tersebut harus ditanggapi dengan serius terkait fleksibilitas kebijakan. Sebab, kata Airlangga hal tersebut akan berdampak terhadap larinya modal yang akan masuk ke Indonesia.

"Bagi Indonesia penting karena tentu ketidakpastian ini bisa menimbulkan pelarian modal, tetapi pemerintah sedang menyiapkan langkah lagi mengenai PP (Peraturan pemerintah) devisa hasil ekspor, sehingga itu akan memperkuat ketahanan daripada rupiah agar devisa itu tidak lagi keluar negeri tetapi kita tahan di dalam (negeri)," beber Airlangga.

Adapun Airlangga mengungkapkan, bahwa disahkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja (Perppu Ciptaker) menjadi undang-undang (UU) akan menberikan kepastian hukum terhadap iklim berusaha.

Menurutnya, pengesahan tersebut juga akan mendorong lahirnya investasi-investasi baru. Hal tersebut lantaran adamya kemudahan dalam mengurus perizinannya. "Tentu ini (Pengesahan) akan memberikan kepastian hukum dan juga mendorong investasi," kata Airlangga.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2854 seconds (0.1#10.140)