Kolaborasi Guna Mendigitalisasi Pelaku UMKM

Selasa, 21 Maret 2023 - 18:33 WIB
loading...
Kolaborasi Guna Mendigitalisasi Pelaku UMKM
Digitalisasi UMKM bisa meningkatkan pendapatan pelaku usaha. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19, yang saat ini telah menjadi endemi, mengakibatkan terbentuknya berbagai kebiasaan baru sebagai bentuk adaptasi yang dilakukan hampir seluruh lapisan masyarakat, salah satunya adalah beraktivitas secara daring. Seiring bergesernya aktivitas konvensional ke digital, transformasi digital dianggap upaya penting yang kehadirannya tidak dapat dihiraukan, termasuk oleh para pelaku UMKM .



Situasi ini juga didukung oleh data yang disampaikan Kominfo, bahwa saat ini tercatat ada 21 juta UMKM dari total 64 juta UMKM di Indonesia yang telah memanfaatkan teknologi digital. Namun demikian, mengutip dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, UMKM di Indonesia masih kesulitan memanfaatkan platform digital seperti media sosial untuk berjualan. Kurangnya pengetahuan dalam penggunaan platform digital menjadi kendala utama.

Tidak hanya UMKM, masyarakat umum juga memanfaatkan teknologi digital untuk menambah penghasilan, salah satunya media sosial. Riset Katadata pada tahun 2022 mencatat bahwa media sosial merupakan platform yang paling sering diakses masyarakat untuk mendapatkan informasi, dengan persentase sebesar 73%. Tak heran jika media sosial kerap dijadikan wadah bagi masyarakat guna mencari ladang pencaharian, beberapa di antaranya ialah content creator dan affiliate marketer.

Untuk berpartisipasi dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia pasca-pandemi, Zeals Asia bersama Indosat Business berkolaborasi dalam acara Zeals Asia x Indosat Business Signing Ceremony yang ditandatangani bersama oleh CEO & Founder Zeals Asia Tommy Teguh Susetio, dan SVP-Head of Enterprise Business Marketing Indosat Linggajaya Budiman, pada 20 Maret 2023. Kerja sama ini untuk membina dan menyejahterakan UMKM di Indonesia dengan menjadi wadah bagi para pelaku UMKM untuk dapat memasarkan produk secara digital, memiliki kesempatan untuk lebih dikenal, hingga mendapatkan revenue yang lebih besar.

Tidak hanya diperuntukan bagi UMKM, Zeals Asia bersama Indosat Business juga memiliki misi agar lebih banyak lagi masyarakat yang dapat merasakan kemudahan di era digital untuk mendapatkan penghasilan tambahan secara pribadi.

Kolaborasi Guna Mendigitalisasi Pelaku UMKM


Program Affiliate Marketing dari Zeals Asia adalah salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah setiap bulannya, baik bagi para pelaku UMKM maupun perorangan. Selain mudah digunakan, program Affiliate Marketing hanya membutuhkan modal yang relatif kecil seperti penggunaan kuota data, bahkan pengguna tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali jika ingin mencobanya dengan memanfaatkan fasilitas WiFi publik.

Dengan ekosistem pemasaran digital yang terintegrasi, memungkinkan para pelaku UMKM untuk mengembangkan strategi kampanye yang efektif bersama dengan solusi yang tepat untuk kebutuhan pelanggan. Di saat yang bersamaan, program ini memungkinkan perorangan yang telah bergabung sebagai affiliate marketer untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan mempromosikan produk-produk Indosat dan membagikan tautan ke jaringan pertemanan melalui media sosial.

Untuk setiap produk yang telah berhasil terjual, affiliate marketer akan mendapatkan komisi penjualan yang besarannya bervariasi setiap produknya, dan akan mendapatkan penghasilan tambahan hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya.



"Kolaborasi kali ini memungkinkan semua orang bisa mendapatkan penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah tiap bulannya dengan mudah. Hari ini akan menjadi awal dari perjalanan kita bersama. Some people dream of success, we make it happen!" kata Tommy Teguh Susetio dalam keterangannya, Selasa (21/3/2023).

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)