Viral AC Pesawat Mati hingga Penumpang Mandi Keringat, Kemenhub Tegur Super Air Jet

Jum'at, 24 Maret 2023 - 08:11 WIB
loading...
Viral AC Pesawat Mati hingga Penumpang Mandi Keringat, Kemenhub Tegur Super Air Jet
Viral di media sosial soal AC Super Air Jet yang mati hampir 2 jam hingga penumpang basah kuyup mandi keringat. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) buka suara soal AC Super Air Jet yang mati hampir 2 jam. AC pesawat Air Bus 320-200 dengan nomor penerbangan IU-737 rute Bali-Jakarta viral di media sosial.
Kondisi di dalam pesawat panas hingga membuat sejumlah penumpang berkeringat dan basah kuyup.

"Super Air Jet diminta untuk melakukan investigasi internal atas terjadinya permasalahan tidak berfungsinya sistem pendingin kabin pesawat dan melakukan tindakan perbaikan yang diperlukan agar permasalahan ini tidak terulang kembali," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni dalam keterangan tertulis, Jumat (24/3/2023).



Pihaknya telah menginstruksikan direktorat terkait agar memberikan teguran kepada maskapai Super Air Jet atas terjadinya permasalahan tersebut serta melakukan inspeksi lebih lanjut untuk memastikan bahwa pesawat tersebut aman untuk digunakan kembali.

Selain itu Super Air Jet diminta melakukan pembinaan kepada personel penerbangan jika ditemukenali melaksanakan tugas diluar Standar Operational Prosedur (SOP) yang berlaku. Kristi menghimbau agar seluruh maskapai terus meningkatkan pelayanan serta mengutamakan keselamatan dan keamanan penerbangan. Pasalnya sebentar lagi akan menghadapi periode angkutan udara lebaran (angleb) dimana mobilitas masyarakat sangat tinggi.



"Pada periode persiapan angkutan udara lebaran (angleb) tahun ini, kami akan melakukan ramp inspection/inspeksi terhadap pesawat yang akan beroperasi melayani mudik lebaran. Saya mengingatkan kembali para operator di bidang penerbangan untuk mematuhi prinsip 3S+1C dalam penerbangan yaitu Safety, Security, Services dan Compliance (kepatuhan pada aturan yang berlaku)," tegas Kristi.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1350 seconds (0.1#10.140)