Pegawai KAI Jangan Coba-coba Jadi Calo Tiket, Sanksi Berat Menanti

Jum'at, 24 Maret 2023 - 13:25 WIB
loading...
Pegawai KAI Jangan Coba-coba Jadi Calo Tiket, Sanksi Berat Menanti
PT KAI menekankan bakal mengambil tindakan tegas jika ada oknum pegawai di internal mereka yang terlibat dalam bisnis percaloan tiket. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI menekankan bakal mengambil tindakan tegas jika ada oknum pegawai di internal mereka yang terlibat dalam bisnis percaloan tiket. Mulai dari pemberian sanksi ringan hingga berat seperti pemecatan jika terbukti menjadi calo tiket .

"KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia," kata Joni dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (23/3/2023).



Untuk menangkal praktik percaloan tiket, KAI sudah lama menerapkan kebijakan one seat one passenger dan boarding system yang mewajibkan nama penumpang sesuai antara yang tertera di tiket dan kartu identitas.

Pemesanan tiket secara online melalui aplikasi KAI Access, website kai, contact center 121 dan berbagai mitra penjualan resmi yang bekerja sama dengan KAI. Adapun loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.



KAI menjamin tidak ada celah buat calo, juga menegaskan tidak ada oknum internal yang terlibat dalam praktik percaloan tiket kereta api ataupun penjatahan tiket untuk pegawai. Jika ada oknum internal yang terindikasi melakukan percaloan, maka manajemen memastikan akan memprosesnya dan memberikan sanksi tegas bahkan berujung pada pemecatan.

"Masyarakat tidak perlu khawatir dengan sistem penjualan tiket KAI. Jikapun masyarakat menemukan indikasi percaloan tiket kereta api, kami mohon untuk segera melaporkan ke Contact Center KAI," kata Joni.

Adalun contact center KAI bisa diakses melalaui nomor telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121. Bahkan KAI siapkan Reward bagi masyarakat yang berhasil menemukan calo tiket kereta api.

"Kami juga menyediakan reward bagi masyarkat yang menangkap calo tiket kereta api,” pungkas Joni.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)