Terbesar Kedua di Dunia, Indonesia Punya Potensi Panas Bumi 24.000 Mega Watt

Rabu, 29 Maret 2023 - 14:29 WIB
loading...
Terbesar Kedua di Dunia, Indonesia Punya Potensi Panas Bumi 24.000 Mega Watt
Indonesia menyimpan potensi besar beragam sumber daya energi di dalam Nusantara, salah satunya panas bumi. Dimana potensinya menempati urutan kedua terbesar di dunia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Indonesia menyimpan potensi besar beragam sumber daya energi di dalam Nusantara, salah satunya panas bumi . Dimanapotensi yang dimiliki Indonesia menempati urutan kedua terbesar di dunia.

"Kalau kita lihat potensi yang ada, Indonesia ini menempati urutan kedua terbesar di dunia yang memiliki potensi panas bumi, kita punya sekitar hampir 24.000 mega watt (MW)," ungkap Direktur Panas Bumi Kementerian ESDM , Harris Yahya dalam siaran Market Review di IDX Channel, Rabu (29/3/2023).



Dia menambahkan, potensi panas bumi yang sekarang sudah teridentifikasi adalah 16 WKP dan sudah beroperasi dengan kapasitas sekitar 2.355 MW. "Jadi memang kita baru mengembangkan sekitar 10% dari total potensi yang kita punya," jelasnya.



Menurutnya, energi panas bumi memiliki keunikan tersendiri, sebab panas bumi merupakan energi terbarukan yang memiliki tingkat produktivitas listrik paling bagus per tahunnya.

"Jadi kalau kita melihat indikator Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) itu bisa berproduksi sampai 90 sampai 95% per tahun dibandingkan dengan yang lain jauh di bawah dan panas bumi ini bisa beroperasi secara stabil dan sangat tepat untuk bisa menjadi best slot pembangkit," pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1898 seconds (0.1#10.140)