Tips MotionCredit: 5 Langkah Perencanaan Sederhana Membangun Bisnis

Kamis, 30 Maret 2023 - 14:41 WIB
loading...
Tips MotionCredit: 5 Langkah Perencanaan Sederhana Membangun Bisnis
5 langkah sederhana yang dapat diterapkan untuk membangun bisnis. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Memiliki bisnis yang sukses tentunya menjadi impian bagi semua pelaku usaha. Untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan perencanaan yang matang agar bisnis dapat maju dan bertahan lama. Selain untuk mempersiapkan kebutuhan usaha, menyusun rencana bisnis yang matang merupakan salah satu upaya penting sebagai bekal untuk mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi di masa mendatang. Oleh karena itu, berikut 5 langkah sederhana yang dapat Anda terapkan untuk membangun bisnis.

1. Membuat Profil dan Tujuan Usaha
Pertama-tama, Anda perlu membuat profil dan tujuan usaha yang ingin Anda capai. Pilihlah jenis usaha yang ingin Anda geluti serta profil usaha seperti apa yang ingin Anda bentuk. Selain itu, Anda juga perlu menentukan tujuan usaha supaya mempermudah Anda membuat perencanaan atau langkah-langkah ke depan untuk meraih tujuan tersebut.

2. Melakukan Analisa Pasar
Untuk membantu meraih tujuan usaha, penting bagi Anda untuk melakukan analisa terhadap pasar dan kompetitor. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kondisi dan kebutuhan masyarakat serta mempelajari kelebihan dan kekurangan bisnis dari para kompetitor, sehingga bisa menghasilkan produk/jasa yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

3. Menyusun Strategi Bisnis
Setelah mengetahui kondisi pasar dan kompetitor, maka Anda dapat menyusun strategi bisnis yang ingin Anda jalankan, termasuk strategi pemasarannya. Anda juga bisa memanfaatkan media sosial yang sesuai dengan profil bisnis Anda untuk memperkenalkan produk/jasa yang Anda tawarkan kepada masyarakat secara luas, sehingga diharapkan dapat menarik calon konsumen.

4. Menyusun Keperluan dan Menghitung Modal Usaha
Setelah menyusun strategi bisnis, selanjutnya Anda dapat membuat daftar keperluan usaha, mulai dari peralatan, tempat, bahan-bahan produksi, hingga jumlah SDM. Setelah itu, hitunglah modal usaha secara terperinci agar memudahkan Anda menyiapkan dana yang dibutuhkan untuk memulai bisnis impian Anda.

5. Melakukan Evaluasi
Ketika bisnis Anda telah dimulai, Anda perlu melihat perkembangannya serta melakukan evaluasi. Jika Anda menemukan hal-hal yang masih belum berjalan sesuai harapan, maka Anda dapat segera mengubah atau menyesuaian strategi Anda kembali. Lakukanlah evaluasi secara rutin supaya bisnis Anda dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan di awal.

Untuk memenuhi kebutuhan modal usaha, Anda bisa mengajukan pendanaan melalui MNC Dana Mobil atau MNC Dana Rumah di MotionCredit sesuai kebutuhan Anda. Selain aman, pengajuan melalui MotionCredit juga praktis karena dapat dilakukan secara online kapan saja. Download aplikasi MotionCredit di Google PlayStore/Apple AppStore melalui http://onelink.to/motioncredit

MotionCredit merupakan aplikasi pembiayaan digital dari PT MNC Guna Usaha Indonesia (MNC GUI) dan PT MNC Finance (MNC Finance) yang bergerak sebagai perusahaan multifinance yang telah terdaftar dan berizin di Otoritas Jasa Keuangan. MotionCredit membantu Anda mendapatkan pendanaan melalui MNC Dana Rumah, MNC Dana Mobil, dan MNC Dana Haji dengan mudah, transparan, dan aman.

#LifeInMotion #MotionCredit #MNCDanaRumah #MNCDanaMobil #MNCDanaHaji #MNCFinancialServices #MNCFinance #MNCGunaUsaha #TipsMotionCredit
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3065 seconds (0.1#10.140)