Kejar Target Emisi Nol Bersih 2030, Kementerian BUMN Dorong Pupuk Indonesia Kembangkan Amonia

Jum'at, 31 Maret 2023 - 19:13 WIB
loading...
Kejar Target Emisi Nol Bersih 2030, Kementerian BUMN Dorong Pupuk Indonesia Kembangkan Amonia
Kementerian BUMN meminta PT Pupuk Indonesia untuk memainkan peranan dalam penggunaan energi bersih melalui penggunaan amonia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Penggunaan energi bersih dan ramah lingkungan terus didorong dan digalakkan oleh pemerintah di banyak negara termasuk Indonesia. Perusahaan nasional, baik BUMN maupun swasta, di Tanah Air juga diminta berkontribusi.

Kementerian BUMN pun meminta PT Pupuk Indonesia untuk memainkan peranan dalam penggunaan energi bersih melalui penggunaan amonia.

Wakil Menteri I BUMN Pahala Mansury saat menjadi pembicara kunci pada acara Pupuk Indonesia Clean Ammonia Forum (PICAF) 2023 mengatakan, penggunaan amonia biru dan hijau di dunia akan terus meningkat di masa depan.

Dia mengungkapkan, beberapa prediksi yang dilakukan oleh lembaga think tank menyebut 12% dari energi dunia jelang 2050 akan menggunakan hidrogen sebagai sumber energi dan ini bisa menjadi kunci bagi pemulihan ekonomi Indonesia.

“PT Pupuk Indonesia bisa mengembangkan amonia biru dan hijau dengan cara bekerja sama dengan sejumlah pihak baik dari dalam negeri seperti Pertamina dan juga dengan pihak luar,” ujarnya, dikutip dari siaran pers, Jumat (31/3/2023).

Pahala menuturkan, penggunaan amonia bisa membantu target pemerintah dalam mencapai target emisi nol bersih pada 2030. Oleh sebab itu, sesuai Surat Edaran (SE) Menteri BUMN terkait dekarbonisasi yang baru saja diterbitkan, Pahala meminta PT Pupuk Indonesia dan BUMN lainnya yang mempunyai kontribusi besar dalam pengurangan emisi nasional untuk membuat peta jalan dalam penggunaan energi bersih.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PT Pupuk Indonesia Bakir Pasaman mengatakan, PICAF 2023 diluncurkan sebagai bentuk dukungan untuk mempromosikan ekosistem amonia bersih (rendah karbon).

Pihaknya berharap melalui PICAF 2023 bisa mempercepat implementasi inovasi teknologi dan pengembangan kebijakan untuk memperkuat rantai nilai amonia bersih.

Menurut dia, hal ini merupakan perpanjangan dari komitmen Pupuk Indonesia untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Indonesia.

Dengan pengalaman lebih dari 50 tahun di industri amonia memungkinkan Pupuk Indonesia untuk melihat potensi amoniak bersih guna mendukung transisi energi rendah karbon.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2183 seconds (0.1#10.140)