MNC Land Kantongi Laba Bersih Rp179,5 Miliar, Ditopang Kenaikan Pendapatan Hotel, Resor dan Golf

Senin, 03 April 2023 - 14:15 WIB
loading...
MNC Land Kantongi Laba Bersih Rp179,5 Miliar, Ditopang Kenaikan Pendapatan Hotel, Resor dan Golf
Presiden Jokowi meresmikan KEK MNC Lido City, Bogor, Jawa Barat. Jumat (31/3/2023). KEK Pariwisata ini dikelola oleh MNC Land. Foto/SINDOnews/Yulianto
A A A
JAKARTA - PT MNC Land Tbk melanjutkan kinerja solid di sepanjang tahun 2022 setelah sebelumnya pandemi sempat melumpuhkan industri entertainment & hospitality.

Tercatat pendapatan emiten berkode saham KPIG naik signifikan menjadi Rp1,12 triliun di tahun 2022, melonjak 60,3% dari tahun sebelumnya sebesar Rp700 miliar.

“Sepanjang 2022, MNC Land menorehkan banyak pencapaian membanggakan, termasuk kinerja keuangan Perseroan yang berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan hingga lebih dari 60%,” ujar Direktur Utama MNC Land, M Budi Rustanto melalui siaran pers, dikutip Senin (3/4/2023).

Adapun kenaikan pendapatan tersebut didorong oleh meroketnya pendapatan di segmen hotel, resor dan golf sebesar 306,3%, menjadi Rp507,5 miliar dari Rp124,9 miliar pada tahun 2021. Kemudian diikuti segmen jasa keamanan dan lain-lain senilai Rp385,3 miliar, tumbuh 4,3% dari Rp369,5 miliar di tahun 2021.

Jika dirinci berdasarkan segmentasi, kontributor terbesar berasal dari hotel, resor dan golf dengan 45,2% dari total pendapatan, diikuti oleh jasa keamanan dan lainnya dengan 34,3%, sewa ruang perkantoran dengan 19,6%, serta apartemen dan properti lainnya dengan 0,9%.

Perseroan mencatatkan EBITDA sebesar Rp190,6 miliar, mewakili 17,0% marjin EBITDA di tahun 2022. Diikuti dengan laba bersih sebesar Rp179,5 miliar pada FY-2022, yang naik 24,2% dari Rp144,5 miliar pada tahun sebelumnya.

Pemulihan juga terlihat pada perbandingan QoQ, di mana pendapatan KPIG melambung 22,1% dari Rp305,6 miliar di Q3-2022 menjadi Rp373,0 miliar di Q4-2022.

Sedangkan EBITDA dan laba bersih Perseroan tercatat masingmasing sebesar Rp64,1 miliar dan Rp114,7 miliar pada kuartal terakhir tahun 2022.

Pada pertengahan tahun tepatnya Juli 2022, Perseroan juga mempersembahkan Park Hyatt Jakarta (PHJ) , hotel mewah modern pertama dan satu-satunya dari brand Park Hyatt di Indonesia.

Park Hyatt Jakarta merupakan portofolio terbaru MNC Land di bidang hospitality yang terletak di kawasan MNC Center, Jakarta yang strategis dan terintegrasi.

Hotel ikonik baru ini menempati 17 lantai teratas dari gedung Park Tower setinggi 37 lantai, serta menawarkan pengalaman personal terbaik bagi kaum urban ibu kota.

Hotel ini menyediakan pilihan tipe room dan suite dengan view terbaiknya Monas – landmark Kota Jakarta, serta dilengkapi fine dining, bar berkonsep rooftop, hingga beragam fasilitas dan layanan terbaik lainnya.

Kemudian pada November 2022, The Westin Resort Nusa Dua & Bali International Convention Center milik Perseroan terpilih menjadi lokasi perhelatan G20 dan B20 Summit yang dihadiri lebih dari 2.000 delegasi dari 69 negara. Alhasil, hotel tersebut membukukan pendapatan tertinggi semenjak pandemi, mencapai Rp 57 miliar pada bulan tersebut.

Selain itu, KPIG fokus mengembangkan proyek unggulan KEK MNC Lido City. KEK MNC Lido City merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata yang terdekat dari Jakarta dengan pengembangan kawasan hunian, komersial, destinasi pariwisata, serta resor terintegrasi seluas 1.040 Ha dari total 3.000 Ha luas area di Lido, Jabodetabek.

“Sejalan dengan optimisme Presiden RI bahwa tahun 2023 menjadi momen kebangkitan pariwisata Indonesia, pada tahun ini Perseroan berkomitmen untuk bekerja lebih keras lagi dalam upaya mempercepat pengembangan berbagai proyek kelas dunia terutama di KEK MNC Lido City, mewujudkan MNC Land sebagai perusahaan entertainment hospitality terbesar di tanah air yang semakin berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional,” papar Budi.



Berlokasi sekitar 60 kilometer dari Jakarta, KEK MNC Lido City dapat dicapai langsung melalui Tol Bocimi dengan waktu tempuh sekitar satu jam dari Jakarta.

Dalam waktu dekat, Lapangan Golf 18-Hole berstandar World Championship di Lido akan dibuka untuk publik. Lapangan golf yang didesain oleh Ernie Els ini berada di lokasi dengan ketinggian sekitar 600 m di atas permukaan air laut dan dikelilingi oleh Gunung Salak, Gede, dan Pangrango, pecinta golf dapat merasakan sensasi bermain golf di atas awan dengan udara yang sejuk sekitar 22-25°C.

Lapangan golf ini dilengkapi Private Clubhouses dengan sejumlah fasilitas penunjang berstandar internasional, seperti exclusive dining, hotel berbintang, juga caddy profesional.

Pesona Lido yang tidak diragukan lagi cocok bagi wisatawan domestik dan mancanegara yang mencari tempat wisata dengan akses mudah, area outdoor yang luas, serta dekat dengan alam sehingga udara terasa lebih bersih dan segar.

Dengan berbagai proyek bergengsinya, MNC Land pada tahun lalu juga meraih sejumlah penghargaan. Park Hyatt Jakarta mendapatkan lebih dari satu penghargaan, antara lain PropertyGuru Indonesia Property Awards ke-8 kategori The Best Luxury Hotel Development, The Best New Luxury Hotel, dan The Best Newcomer Bar untuk Kita Bar di PHJ.



Di ajang yang sama, The Westin Resort Nusa Dua, Bali mengantongi dua penghargaan kategori The Best Upscale Hotel dan The Best Dessert & Pastry.

Sedangkan, Oakwood Hotel & Residence Surabaya juga meraih Surabaya Tourism Award 2022 sebagai Best Tourism Information Provider.

(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1819 seconds (0.1#10.140)