Mengungkap Pentingnya Asuransi Pengiriman Barang

Minggu, 02 April 2023 - 23:31 WIB
loading...
Mengungkap Pentingnya Asuransi Pengiriman Barang
Asuransi jasa pengiriman sangat penting untuk pengusaha. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Asuransi pengiriman barang melalui angkutan laut memberikan perlindungan finansial terhadap faktor-faktor risiko, seperti risiko kerusakan, kehilangan, act of god, human error atau pencurian barang selama proses pengiriman. Asuransi pengiriman barang memberikan rasa aman terhadap kargo selama proses pengiriman.



PT Temas Shipping, PT Pialang Asuransi Provis Mitra Sinergi, dab PT Asuransi Harta Aman Pratama Tbk terus berupaya agar pengusaha dapat memahami pentingnya asuransi dan mengaplikasikannya di setiap pengiriman.

Direktur PT Pialang Asuransi Provis Mitra Sinergi Liny Tanto mengatakan, bagi pengguna jasa pengiriman barang logistik yang masih awam, berasumsi bahwa jika terjadi kerusakan atau kehilangan pada barang kiriman, akan menjadi tanggung jawab jasa pengiriman barang. Kenyataannya, pihak jasa pengiriman barang tidak akan bertanggung jawab terhadap kehilangan maupun kerusakan barang.

"Untuk itulah mengapa pentingnya asuransi pengiriman barang, karena pihak penyedia jasa hanya bertanggung jawab untuk mengantarkan barang kiriman ke lokasi tujuan. Kecuali Anda menggunakan layanan asuransi yang disediakan oleh pihak penyedia jasa pengiriman. Barulah pihak penyedia jasa akan bertanggung jawab atas hilangnya barang atau kerusakan barang kiriman,” kata Liny, dalam keterangannya, Senin (3/4/2023).

Sementara itu, Ibnu Nurseha selaku Ship Surveyor & Adjuster dari PT Radita Hutama Internusa mengungkap soal risk management kargo. Menurutnya, ada beberapa hal terkait pembagian klasifikasi kargo dan sistem pengangkutannya.

Kargo dibagi menjadi berbagai klasifikasi: pertanian biji-bijian, kayu, batu bara, pupuk, semen, bijih besi, mineral, logam, bahan kimia, reefer, ternak & produk hewani, cairan & gas, dan barang berbahaya. Kehilangan/kerusakan dari pengiriman kontainer adalah bagian penting dari rantai pasokan apa pun, baik itu di jalan raya, kereta api, laut, atau udara. Memastikan pengiriman produk yang aman ke tangan pelanggan sangat penting.

“Ada hal-hal mendasar yang harus diterapkan untuk memastikan pengangkutan semua kargo dengan aman, terlepas dari karakteristik khusus komoditas tertentu yakni periksa wadah secara menyeluruh untuk memastikan strukturnya utuh dan kondisinya baik dan pastikan tidak ada residu dari kargo sebelumnya yang tertinggal di dalam, terutama bahan kimia,” jelas Ibnu.

Terkait risk management gudang, Arief Budiman selaku partner dari PT Asuransi Harta Aman Pratama, Tbk menjelaskan pentingnya mengatur dan memperhatikan potensi bahaya kebakaran di gudang. Lalu mengenal Sistem Pencegahan Bahaya Kebakaran di dalam gudang dan meningkatkan safety awareness dalam Operasional Gudang.

“Beberapa hal yang dapat menyebabkan kebakaran gudang adalah Arson/ Suspicious, Electrical, Open Flame, Equipment, Exposure, Natural Causes, Heating Equipment, Smoking and Others. Untuk itu perlunya komitmen manajemen, untuk memformalkan secara tertulis, terkait mitigasi penanganan kebakaran ini dengan beberapa tindakan pencegahan melalui Maintenance Strategy (Strategi Pemeliharaan), Management of Change (Manajemen Perubahan) dan Loss Prevention (Pencegahan Kerugian),” papar Arief.



PT Asuransi Harta Aman Pratama Tbk adalah salah satu perusahaan asuransi umum yang menyediakan asuransi untuk pengiriman barang dalam hal ini PT Pialang Asuransi Provis Mitra Sinergi bekerja sama dengan PT Asuransi Harta Aman Pratama Tbk dengan menggandeng PT Temas Shipping untuk menyediakan asuransi jasa pengiriman terbaik yang terus akan berkembang ke depannya seiring dengan berkembangnya sektor angkutan pengiriman barang di Indonesia.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1906 seconds (0.1#10.140)