Empat Strategi Sejahterakan Desa versi Marwan Jafar

Senin, 23 November 2015 - 06:12 WIB
Empat Strategi Sejahterakan Desa versi Marwan Jafar
Empat Strategi Sejahterakan Desa versi Marwan Jafar
A A A
JAKARTA - Upaya mempercepat pembangunan desa yang mandiri dan sejahtera butuh kerja keras serta strategi jitu. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar memaparkan ada empat strategi jitu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Pertama, adalah mendasarkan pembangunan desa pada aspek partisipatif. Menurut Marwan, pembangunan partisipatif dilakukan sebagai upaya mempercepat dan meningkatkan kualitas pelayanan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat desa dengan mengedepankan kebersamaan, kekeluargaan, dan kegotongroyongan.

"Strategi pertama ini akan mewujudkan pengarusutamaan perdamaian dan keadilan sosial," ujar Marwan dalam keterangan resminya, Minggu (22/11/2015).

Kedua, ialah membangun sinergitas antar aktor sebagai kunci pelaksanaan implementasi UU Desa. Perlu ada penguatan koordinasi dan keterlibatan aktif seluruh stakeholder, termasuk non-government organization (NGO)/LSM, dunia usaha, universitas, dan media.

"Sinergi antar aktor dilakukan dalam rangka mendukung dan mengorganisir kegiatan-kegiatan setiap sektor dan aktor dalam satu sistem yang terorganisir sekaligus mencegah tumpang tindih," jelasnya.

Strategi ketiga, kata Marwan, menyangkut upaya pembangunan ekonomi lokal mandiri berbasis produksi. Hai ini akan menunjang upaya penguatan ekonomi nasional dengan ketahanan pangan dan energi yang kuat.

Keempat, terang Marwan, menyangkut percepatan penyaluran dan penggunaan dana desa dalam menggerakkan sektor riil ekonomi desa.

"Dana desa merupakan penggerak sektor ekonomi riil di desa. Dari total dana desa yang sebesar Rp0,7 triliun, kita asumsikan bahwa 70% dana desa dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur perdesaan," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7852 seconds (0.1#10.140)