Kebutuhan Uang Tunai Jelang Lebaran Naik 15%, Bank Mampu Penuhi?

Selasa, 04 April 2023 - 12:35 WIB
loading...
Kebutuhan Uang Tunai Jelang Lebaran Naik 15%, Bank Mampu Penuhi?
Bank dinilai mampu penuhi kebutuhan uang tunai untuk Lebaran. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ramadan dan Lebaran selalu menjadi momentum peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap uang tunai . Ada beberapa penyebab, salah satunya adalah pemberian tunjangan hari raya (THR) dan juga angpau Lebaran.



Chief Economist The Indonesia Economic Intelligence, Sunarsip, memprediksi peningkatan peredaran uang pada Lebaran meningkat pada kisaran 10%-15% bila dibandingkan dengan kondisi normal.

“Walaupun demikian, bank berada pada kondisi yang positif dan bisa memenuhi kebutuhan uang tunai di masyarakat,” Sunarsip dalam program Market Review IDX Channel, Selasa (4/4/2023).

Sunarsip membeberkan beberapa aspek yang menopang bank dalam memenuhi permintaan uang tunai tersebut. Di antaranya adalah pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) yang mencapai 9%-10% dan rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) yang mencapai 25%.

Kondisi tersebut menunjukkan tren positif di tengah-tengah perlambatan ekonomi, sehingga bank dinilai mampu meningkatkan efisiensi dan memiliki cadangan uang tunai untuk kemudian disebarkan melalui anjungan tunai mandiri (ATM).

“Khususnya untuk DPK, bisa menopang finansial perbankan. Apalagi itu bisa tumbuh sekitar 9% hingga 10%, tentunya sangat positif dan hal ini mampu meningkatkan kinerja profitabilitas finansial mereka,” imbuhnya.

Selain itu, Sunarsip mengatakan bank memiliki mekanisme tertentu untuk memutar uang yang telah beredar di masyarakat. Artinya, semua cadangan cash yang dikeluarkan oleh bank akan berputar dan sebagian akan kembali lagi.

Dengan demikian, Sunarsip melihat bank selalu memiliki kesiapan dalam menyambut hari raya Idulfitri dalam menyediakan uang tunai di masyarakat. Menurutnya, bank akan menggunakan momentum ini untuk menyambut pemulihan yang terjadi di masyarakat.



“Apalagi sekarang animo masyarakat untuk mudik diprediksi lebih besar dibandingkan tahun lalu yang masih mengalami perlambatan ekonomi. Kondisi sekarang sudah jauh lebih baik dan bank juga memiliki kinerja positif untuk menyambut lebaran 2023,” pungkasnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)