Lepas Bansos Beras, Buwas: Jangan Bilang Ada Kutu dan Busuk!

Kamis, 06 April 2023 - 13:13 WIB
loading...
Lepas Bansos Beras, Buwas: Jangan Bilang Ada Kutu dan Busuk!
Buwas menyatakan bahwa beras bansos merupakan beras premium. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso alias Buwas memastikan beras bantuan sosial ( bansos ) yang sudah didistribusikan merupakan beras premium, sehingga bebas kutu dan busuk. Menurut Buwas, seluruh stok beras di gudang Bulog merupakan beras dengan kualitas baik, lantaran baru dipasok.



"Yang disalurkan (bansos) beras premium, jangan bilang beras ada kutu beras, busuk. Sekarang beras Bulog beras baru kualitas, nggak ada beras lama," ungkap Buwas saat seremonial pelepasan bansos beras, Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Pemerintah memang sudah menyalurkan beras bantuan sosial kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Pada Maret tahun ini sebanyak 213.530 ton beras yang sudah didistribusikan melalui Bulog.

Program bantuan pangan ini dialokasikan untuk tiga bulan atau periode Maret, April dan Mei 2023. Masing-masing KPM akan menerima sebanyak 10 kilogram (kg) per alokasi.

Buwas memastikan penyaluran program bantuan sosial ini tepat waktu dan tepat sasaran. Dia pun menginstruksikan ke seluruh jajarannya untuk melakukan langkah-langkah percepatan penyaluran agar bisa meringankan beban pengeluaran masyarakat, utamanya saat Ramadan dan Idulfitri 2023.

“Dalam melaksanakan penugasan ini kami berkomitmen untuk menjamin penyaluran program bantuan secara tepat waktu dan tepat sasaran," ucapnya.

Beras yang disalurkan, lanjut Buwas, terlebih dahulu dilakukan pengecekan kondisi kualitas dan kuantitasnya sebelum diserahterimakan dengan menggunakan kemasan 10 kg. Transporter yang ditunjuk pemerintah untuk mensuplai bantuan pangan dasar ke seluruh wilayah di Indonesia terdiri dari PT Pos Indonesia (Persero), PT JPLB, dan PT DNR.



"Hari ini secara keseluruhan di Indonesia sudah siap sehingga kita launching serentak, supaya nantinya secara bersama-sama masyarakat menerima. Jadi hari ini sudah seluruh Indonesia makanya transporter itu yang nanti dibagi tugasnya," ujar Buwas.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)