Urai Macet saat Mudik, Ganjar Siapkan Tol Fungsional Solo-Klaten

Minggu, 09 April 2023 - 12:30 WIB
loading...
Urai Macet saat Mudik, Ganjar Siapkan Tol Fungsional Solo-Klaten
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyiapkan tol fungsional Solo-Klaten untuk jalur mudik lebaran tahun ini. FOTO/dok.Istimewa
A A A
SOLO - Jalur tol fungsional seksi 1.1 Solo-Klaten di ruas Solo-Yogyakarta disiapkan untuk mengurai potensi kemacetan pada masa mudik lebaran 2023. Adapun jalur tol fungsional tersebut akan difungsionalkan sepanjang 6 kilometer (km).

"Di ruas Solo-Yogyakarta ini alhamdulillah 6 km sudah beres dan akan difungsionalkan," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam pernyataannya, Minggu (9/4/2023).



Ganjar mengatakan alternatif jalur lebaran digunakan 1 arah dengan menggunakan 1 jalur 2 lajur dengan rencana kendaraan yang melintas dikhususkan untuk golongan I. Nantinya, jalur tol fungsional ini akan dibuka pada pukul 07.00 WIB - 17.00 WIB bisa dimanfaatkan sebagai jalan alternatif untuk menghindari potensi kemacetan.

"Memang kawan-kawan kemarin mengerjakan dengan sangat luar biasa ngebut. Beberapa kali kita ngecek ya, saya sudah lihat, menteri - menteri sudah lihat, kita sudah ngecek tiga kali untuk memastikan," tambahnya.

Meskipun masih sementara, jalur tol fungsional Solo-Klaten tetap akan dilengkapi berbagai fasilitas keamanan untuk pemudik. Salah satunya tolo-tolo yang akan menyala di kondisi gelap sebagai penanda jalan.

Ganjar berpesan kepada para pemudik yang akan melintasi jalur ini agar berhati-hati saat berkendara. Jika mengantuk, mereka disarankan untuk rehat sejenak sampai kondisi tubuh segar kembali. "Jalurnya masih sementara. Maka kepada para pemudik nanti yang melewati jalur-jalur yang belum beres, yang sifatnya masih fungsional, kalau ngantuk istirahat. Jangan dipaksakan karena rambu-rambunya juga sementara," tambahnya.

Dia juga meminta bantuan kepada warga desa-desa yang dilalui exit tol Solo-Yogyakarta untuk mengatur lalu-lintas. Sebab akan banyak kendaraan pemudik yang bersileweran di wilayah desa.

"Bantu menyosialisasikan sehingga jalurnya lancar. Siapa tahu justru warga desa itu yang akan mudik, sehingga akan lebih cepat. Kita akan cek nanti kondisi jalannya. Laporannya sih sejak di wilayah Boyolali sudah bagus ya. Kita akan cek nanti seperti apa kondisinya," lanjut Ganjar.

Baca Juga: Cek Harga Pangan di Pasar Srago Klaten, Ganjar: Rata-rata Stabil

Dia optimistis jalur tol fungsional ini bisa mengurai potensi kemacetan secara signifikan. Para pemudik diminta tidak perlu berkendara kencang saat melewati jalur sementara ini. "Tidak usah ngebut, tapi insyaallah potensi-potensi kemacetan akan diurai dengan menggunakan jalan-jalan yang secara fungsional ini kita buka," pungkasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1897 seconds (0.1#10.140)