Antisipasi Kemacetan, Erick Thohir Imbau Orang Kaya Mudik Naik Pesawat

Senin, 10 April 2023 - 21:27 WIB
loading...
Antisipasi Kemacetan, Erick Thohir Imbau Orang Kaya Mudik Naik Pesawat
Menteri BUMN Erick Thohir. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengimbau agar kalangan kelas menengah atas menggunakan pesawat saat mudik Lebaran 2023 . Hal itu sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan arus mudik.

"Untuk kalangan yang mampu lainnya bisa naik pesawat, pesawat pun saya rasa nyaman. Nah, tinggal kita coba dorong," ungkap Erick saat ditemui wartawan di Kantor Staf Presiden (KSP), di Jakarta, Senin (10/4/2023).



Dia mengatakan potensi kemacetan di darat diperkirakan terjadi di sejumlah titik karena diprediksi banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi. Erick menyebut salah satu titik rawan macet adalah Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Meski demikian, pemerintah saat ini terus memaksimalkan kesiapan moda transportasi agar bisa digunakan masyarakat saat mudik Lebaran. Moda tersebut baik di darat, udara, laut, dan perkeretaapian. Upaya itu sekaligus mengurangi pergerakan kendaraan pribadi.

"Ini yang kita mau coba mulai periksa langsung. Saya akan turun juga memastikan bagaimana perputaran kendaraan ini bisa kita antisipasi," kata dia.

Tak hanya itu, Erick juga menyinggung perihal kepadatan penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, maupun Pelabuhan Merak, Banten. Menurutnya, kepadatan terjadi lantaran masyarakat tidak membeli tiket elektronik (e-ticket).



Pembelian tiket elektronik, lanjut dia, dapat membuat masyarakat datang ke pelabuhan sesuai jadwal tiket dan mendekati keberangkatan. "Problemnya karena masyarakat belum biasa, maksa belum ada e-ticket mau naik tapi nggak punya tiket, ini yang harus diantisipasi," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2108 seconds (0.1#10.140)