Ketua Tim Pemulihan Ekonomi Erick Thohir: Kesehatan dan Ekonomi Harus Berjalan Beriringan

Senin, 20 Juli 2020 - 15:58 WIB
loading...
Ketua Tim Pemulihan Ekonomi Erick Thohir: Kesehatan dan Ekonomi Harus Berjalan Beriringan
Ketua Pelaksana Tim Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Erick Thohir. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus Ketua Pelaksana Tim Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan Penanganan Covid-19 Erick Thohir menegaskan perbaikan ekonomi dan penanganan kesehatan harus berjalan beriringan. Keduanya harus diprioritaskan oleh tim bentukan Presiden Joko Widodo tersebut.

"Saya rasa dengan kondisi hari ini kedua hal tersebut pasti harus berjalan seiringan," ujar Erick dalam konferensi pers secara virtual, di Jakarta, Senin (20/7/2020).



Sebagai ketua pelaksana tim, Erick mengungkapkan bahwa program yang nantinya dirumuskan oleh selalu membawahi kepentingan dari kedua aspek tersebut. Hal itu, kata dia, yang menjadi poin utama Tim Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan Penanganan Covid-19 dibentuk. Erik menyebut dikotomi antara kesehatan dan ekonomi akan memberikan dampak negatif bagi masyarakat. Di mana, istilah normal baru kemudian disalahartikan sehingga masyarakat menjalankan aktivitas secara bebas tanpa melakukan disiplin protokol kesehatan. Sehingga membuat jumlah kasus terinfeksi terus bertambah.

Akibatnya, imbuhnya, bisa terjadi gelombang kedua pandemi Covid-19. Hal ini, kata Erick, sangat berdampak terhadap sektor pertumbuhan perekonomian nasional akibat banyak sektor bisnis yang belum membuka kegiatan usahanya. "Hal-hal tersebut saya rasa semua ada irisannya, setipis apapun alasannya kita harus lakukan secara bersama. Karena itu mengapa Bapak Presiden Joko Widodo memutuskan di bawah kepemimpinan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, kedua tim yakni Satgas Covid-19 dan Satgas Pemulihan Ekonomi digabungkan agar seiring senada supaya semuanya baik," ungkapnya.



Selain itu, Pendiri Mahaka Group ini juga menguraikan targat-target dari tim khusus tersebut. Di mana, ada sejumlah program yang menjadi prioritas pihaknya. Program itu akan meberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional dan penanganan kesehatan. Sebelumnya, Presiden Jokowi menunjuk Menteri Erick Thohir menjadi ketua Pelaksana Tim Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan Penangan Covid-19. Pembentukan tim ini tercantum dalam peraturan presiden (PP).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan tugas Erick Thohir yakni melakukan koordinasi antara Satuan Gugus Tugas Penanganan Corona yang diketuai oleh Doni Monardo dan Satuan Tim Pemulihan Ekonomi Nasional yang dipimpin oleh Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1045 seconds (0.1#10.140)