Menteri PUPR Beberkan Kesiapan Jalan Tol Jelang Kepadatan Arus Mudik

Rabu, 12 April 2023 - 18:15 WIB
loading...
Menteri PUPR Beberkan Kesiapan Jalan Tol Jelang Kepadatan Arus Mudik
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hajimuljono. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hajimuljono melakukan persiapan agar infrastruktur jalan tol siap untuk mudik Lebaran 2023. Dia menyebutkan ada infrastruktur tambahan yang akan disapkan untuk kelancaran arus.

"Persiapan terkait sarana dan prasarana, regulasi dan perilaku. Itu yang menentukan keberhasilan mudik maupun balik, ada beberapa tambahan prasarana yang mudah-mudahan bisa membuat mudik nanti lebih baik," ujar Menteri Basuki usai Ratas di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (12/4/2023).

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya telah melakukan pelebaran jalur di ruas tol Jakarta - Cikampek menjadi 4 lajur. Hal tersebut untuk mengantisipasi bottle neck yang kerap terjadi pada titik pertemuan Japek eleveted di KM 47.

"Pertama pelebaran jalur JKT-Cikampek di km 47 setelah turun elevated itu sudah 4-4 (lajur) semua. Saya kira sudah tidak menjadi bottle neck baik arah timur maupun arah barat itu sudah 4-4. Dua naik, dua di bawah. Sudah gak ada bottle neck," tambahnya.



Selanjutnya di tol Cipali saat ini juga tengah dilakukan pengerjaan pelebaran jalan sepanjang 1,5 Km terutama di 3 titik rest area. Harapannya ketika rest area penuh tidak menganggu badan jalan. Pelebaran jalan tersebut dilakukan pada KM 86, KM 102, dan KM 130 arah A dan B.

"Cipali ada beberapa prasarana yang kita antisipasi mudik, pelebaran menjadi 3 ruas di rest area. Pelebaran akan selesai minggu-minggu depan ini," lanjutnya.

Selanjutnya, ada pengoperasian secara fungsional untuk ruas tol Cisumdawu, yang untuk mudik lebaran 2023 ini akan tersambung dari Cileunyi hingga Cipali sebanyak 2 lajur. Menurut Menteri Basuki untuk ruas tol tersebut tinggal diperhatikan terkait trafic manajemennya karena dikhawatirkan akan terjadi pertemuan dua arus. "Kalau itu harusnya 2 (lajur) ini ketambahan 2 bisa macet juga. Pak polisi lalu lintas yang akan mengatur arus Cisumdawu," sambungnya.

Selanjutnya ada pengoperasian Japek II Selatan, yang siap untuk mendukung arus balik pemudik dari arah Bandung menju Jakarta yang bisa masuk melalui jalan tol Cileunyi Km 77. Jalan tol Japek II Selatan akan beroperasi sepanjang 27,85 Km.

Jalan tol tersebut memiliki dua akses keluar, yaitu Kutanegara dan Taman Mekar. Masing-masing exit tol tersebut saat ini belum terintegrasi langsung jalan tol, alias masih harus menyambung melewati jalan provinsi, sehingga dibutuhkan pengaturan lalulintas yang baik oleh kepolisian.

"Selanjutnya tol Solo-Yogya. Di Exit Semarang, Solo, Boyolali biasanya lewat nasional di Kartosuro kemudian langsung ke Klaten lewat kandang menjangan kopasus tidak perlu lewat situ dari exit situ langsung ke sawit namanya. Walaupun 6 Km, sekian km tapi sudah melalui minimal 5 traffic light," pungkasnya.



Sekedar informasi, pada mudik lebaran 2023 Kementerian PUPR menyiapkan 11 ruas tol yang akan difungsionalkan selama Mudik Lebaran 2023, yaitu 7 ruas tol baru di Jawa dan 4 ruas tol baru di Sumatera dengan total panjang 222 Km.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0965 seconds (0.1#10.140)