Simak Tips Investasi Cerdas dari Dirut BEI

Kamis, 13 April 2023 - 10:33 WIB
loading...
Simak Tips Investasi Cerdas dari Dirut BEI
Melihat pertumbuhan investor pasar modal di Indonesia yang kian pesat, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), Iman Rachman membagikan tips berinvestasi aman bagi para investor dengan 3P. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Melihat pertumbuhan investor pasar modal di Indonesia yang kian pesat, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) , Iman Rachman membagikan tips berinvestasi aman bagi para investor yakni dengan 3P atau Paham, Punya dan Pantau. Hingga 30 Maret 2023, jumlah investor pasar modal RI tercatat sebanyak 10,76 juta investor.



Pertumbuhan tersebut membuat BEI berupaya untuk semakin meningkatkan literasi mengenai pemahaman pengelolaan keuangan dan investasi, serta risiko pasar modal. Diterangkan oleh Dirut BEI bahwa investor harus memiliki 3P.

Pertama, investor harus memahami bahwa dalam berinvestasi harus menggunakan dana lebih. Selain itu, para investor juga diimbau untuk memahami kesesuaian profil produk investasi, serta paham tujuan berinvestasi.

“Kita perlu mencari informasi sebanyak mungkin agar paham sebelum mengambil keputusan investasi,” kata Iman dalam Special Dialogue IDX Channel, Rabu (12/4/2023).



Kedua, investor disarankan untuk mempunyai mitra investasi yang benar, baik sekuritas maupun manajer investasi. Sebagaimana diketahui, saat ini membuka rekening investasi sudah sangat mudah, namun perlu diingat bahwa punya akses dan kerahasiaan rekening investasi merupakan sebuah kewajiban.

“Perlu diingat, jangan berinvestasi hanya pada satu produk saja. Ini bertujuan agar portofolio investasi dapat terjaga kestabilan pertumbuhannya,” bebernya.

Terakhir adalah pantau, di mana portofolio investasi harus dipantau secara berkala, baik dari sisi pergerakan harganya di bursa, maupun di sisi kinerja perusahaannya. Iman pun menekankan bahwa investasi merupakan kegiatan dengan orientasi jangka panjang, maka diperlukan kehati-hatian.

“Update berita dan informasi akan sangat berguna untuk memperkaya analisis dalam mengambil keputusan investasi, juga untuk mempertahankan kinerja portofolio investasi,” ujar Iman.

Di samping itu, Iman juga merekomendasikan investor untuk mencari informasi seputar aksi korporasi, kinerja perusahaan tercatat, pergerakan indeks hingga berita-berita terkait pasar modal melalui laman resmi BEI. Iman juga merekomendasikan sekolah pasar modal agar para investor mendapatkan bekal berinvestasi dengan benar di pasar modal.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1937 seconds (0.1#10.140)