Komwasjak Ambil Satu Pelajaran Berharga dari Kasus Rafael Alun, Apa Itu?

Kamis, 13 April 2023 - 11:46 WIB
loading...
Komwasjak Ambil Satu Pelajaran Berharga dari Kasus Rafael Alun, Apa Itu?
Komwasjak menyoroti satu masalah dari kasus Rafael Alun. Foto/Sutikno
A A A
JAKARTA - Komisi Pengawas Perpajakan (Komwasjak) buka suara soal kasus Rafael Alun Trisambodo . Ketua Komwasjak Amien Sunaryadi mengatakan, saat ini pihaknya mendalami pola-pola dan modus pelanggaran yang dilakukan Rafael.



Meski dirinya baru dilantik sebagai ketua Komwasjak pada awal April 2023, Amien menyatakan bahwa saat ini pihaknya tengah mengkaji rekomendasi yang akan diberikan ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ihwal pelanggaran yang terjadi pada Rafael Alun.

"Yang dipelajari kan tipologi, tipe kejadian seperti apa modusnya seperti apa. Mempelajari modus itu kan harus diidentifikasi dulu mana yang mau diperbaiki. Kami lagi kaji dulu, kalau ketemu mana yang perlu diperbaiki baru kita sarankan ke Kemenkeu," tutur Amien, dikutip Kamis (13/4/2023).

Ia mengungkapkan, sejatinya Komwasjak bertugas memberi saran ke Kemenkeu yang bersifat strategis dan mayoritas akan mengarah ke perbaikan sistem. Namun sejauh ini, lanjut Amien, terdapat satu masalah yang menjadi sorotan utama dirinya dan Komwasjak dari kasus Rafael Alun, yaitu adanya konflik kepentingan yang lebih rinci saat fiskus (pegawai pajak) memiliki usaha konsultan pajak.

"Salah satunya tadi saya sudah sampaikan conflict of interest. Itu harus dijaga jangan sampai terjadi. Jangan sampai ada conflict of interest ketika fiskus memiliki langsung atau tidak langsung usaha konsultan pajak," papar Amien.



Menurutnya, kasus semacam ini harus segera ditindak apabila ada pegawai Ditjen Pajak Kemenkeu yang terbukti melakukannya. "Itu yang enggak boleh, kalau ada pelanggaran harus disikat. Sementara yang keliatan baru itu, lainnya itu belum," lanjutnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3812 seconds (0.1#10.140)