Sri Mulyani Sebut Ekonomi Mulai Berangsur Pulih

Senin, 20 Juli 2020 - 16:45 WIB
loading...
Sri Mulyani Sebut Ekonomi Mulai Berangsur Pulih
Menkeu Sri Mulyani menyebut sejak Juni ada indikasi ekonomi berangsur mulai menggeliat lagi. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menilai ekonomi Indonesia mulai kembali bangkit. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, ekonomi mulai menunjukkan tren yang positif pada Juni 2020.

"Ekonomi bulan Juni ada perbaikan menuju arah positif. Geliat ekonomi kita pada awal Juni sudah mulai terjadi dikarenakan pelonggaran PSBB membuat sektor usaha mulai kembali bangkit," kata Sri Mulyani di Jakarta, Senin (20/7/2020).

(Baca Juga: Akankah Resesi Singapura Merembet ke Indonesia? Ini Kata Sri Mulyani)

Dia mengatakan, perbaikan ekonomi tersebut terlihat dari indeks peringkat manufaktur yang cukup membaik. Selain itu, kinerja ekspor yang surplus serta impor yang mulai turun menujukkan bahwa ekonomi berangsur pulih. "Penerapan belanja modal itu tunjukkan tanda-tanda turn around arah perubahan positif," katanya.

Dia menambahkan, cadangan devisa juga mengalami peningkatan karena penerbitan surat berharga negara (SBN) valuta asing. Selain itu, inflasi yang cukup stabil membuat ekonomi Indonesia sudah mulai bangkit. "Ada harapan mulai Juni sudah terjadi pembalikan ekonomi kita yang relatif positif," jelasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0998 seconds (0.1#10.140)