Jalur Darat Jadi Favorit Pemudik, Kemenhub: Kami Sudah Sangat Siap

Senin, 17 April 2023 - 14:21 WIB
loading...
Jalur Darat Jadi Favorit Pemudik, Kemenhub: Kami Sudah Sangat Siap
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi bahwa 75% dari jumlah 123 juta pemudik akan melakukan perjalanan menggunakan jalur darat. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub ) memprediksi bahwa 75% dari jumlah 123 juta pemudik akan melakukan perjalanan menggunakan jalur darat . Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati mengungkapkan, pihaknya sudah mempersiapkan antisipasi untuk menghadapi peningkatan jumlah kendaraan yang akan terjadi.

"Persiapan kami sudah sangat siap ya karena ini juga sudah tidak ada waktu lagi ya, ini tanggal 17 dan kita memang akan segera masuk ke masa puncak mudik Lebaran, sehingga mau tidak mau kita harus siap," kata Adita dalam siaean Market Review di IDX Channel, Senin (17/4/2023).



Adita merinci, dari prediksi 123 juta pemudik, 62 persen-nya akan melintas di tol Trans Jawa. Selain itu, tol di pantai selatan Jawa juga dipredikaj akan menjadi pilihan alternatif pemudik.



Untuk itu, pihaknya bersama dengan Polri sudah menyiapkan berbagai strategi, mulai dari penambahan ruas jalan tol, pemberlakuan contra flow, one way dan sistem ganjil genap.

"Kita semua sudah mempersiapkan, sudah melihat langsung ke lapangan, tentu bersama Kementerian PUPR juga, dengan pihak Kepolisian memastikan yang pertama tentu kapasitas jalannya dulu yang tersedia seperti apa, yang jelas di Trans Jawa mulai di Jakarta menuju Cikampek ini sudah ditambah lajurnya sehingga kapasitas jalannya bisa kita tambah" terangnya.

Namun menurutnya penambahan ruas lajur tersebut tidak akan mampu mengakomodir jutaan kendaraan yang akan lewat, sehingga perlu adanya rekayasa lalu lintas.

Seperti diketahui, Korlantas Polri akan memberlakukan rekayasa lalu lintas contra flow hingga ganjil genap selama musim mudik Lebaran 2023. Rekayasa lalu lintas itu untuk menghindari kepadatan yang luar biasa.

Berdasarkan keterangan resmi Divhumas Polri, Minggu (16/4/2023), rekayasa lalu lintas contra flow akan dimulai pada 18 April 2023 pukul 14.00-24.00 WIB dari Km 47 Tol Karawang Barat hingga Km 72 Tol Cikampek.

Pada hari yang sama, kebijakan one way diberlakukan dari Km 72 Tol Cikampek hingga Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung.

Kemudian, untuk penerapan ganjil genap akan dilakukan mulai Km 47 Karawang Barat hingga Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung. Rekayasa lalu lintas mulai diberlakukan Selasa (18/4) sampai dengan Jumat (21/4) pukul 08.00-24.00 WIB.

Polri juga akan melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah jalan arteri apabila mengalami kepadatan saat mudik Lebaran 2023.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)