Agus Setya Wardhana, Petani Milenial Penangkar Kentang Sukses di Pasuruan

Senin, 17 April 2023 - 23:25 WIB
loading...
Agus Setya Wardhana, Petani Milenial Penangkar Kentang Sukses di Pasuruan
Project Manager PPIU Jatim, Acep Hariri (kiri) bersama Agus Setya Wardhana, yang telah menjalankan usahanya sejak 2015.
A A A
JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) fokus pada peningkatan dan kualitas sumberdaya manusia (SDM) pertanian. Seperti ditegaskan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bahwa regenerasi petani salah satu fokus Kementan bagi keberlanjutan pembangunan pertanian di Indonesia.

“Kita mencoba mendorong perencanaan yang terukur untuk mengembangkan pertanian dari hulu hingga hilir,” kata Mentan Syahrul dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/4/2023).

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengungkapkan harapannya melalui Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Service (YESS) akan terwujud regenerasi pertanian, meningkatnya kompetensi SDM dari perdesaan, meningkatnya jumlah wirausaha muda di bidang pertanian.“Milenial harus berkemampuan dan berjiwa entrepreneurship yang tinggi, maka pertanian ada di genggaman tangan kita,” katanya.

(Baca juga:Jaga Keseimbangan Sistem, Kementan Perkuat Regenerasi Petani)

Dedi Nursyamsi menambahkan, Program YESS sangat mendukung dalam pengembangan SDM pertanian, dengan memberdayakan para pemuda tani untuk memanfaatkan sumberdaya alam pertanian di perdesaan, secara optimal, profesional, menguntungkan dan berkelanjutan tentunya mereka ini akan siap menghadapi era milenial.

Program yang merupakan hasil kerja sama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) merupakan implementasi dari kesungguhan Kementan dalam meregenerasi petani serta melahirkan wirausaha milenial dari sektor pertanian.

Agus Setya Wardhana atau yang kerap disapa Agus, pemuda asal Kabupaten Pasuruan merupakan pengusaha bibit kentang yang telah menjalankan usaha pembibitan kentang sejak 2015. Dia juga merupakan salah satu Penerima Manfaat (PM) Program YESS yang mendapatkan hibah kompetitif (HK) pada 2022.

(Baca juga:Pacu Regenerasi Petani, Kementan Lakukan Penguatan Program Pertanian)

Kini, setelah menjalankan usahanya sekitar delapan tahun, Agus telah mampu mendapat omset miliaran rupiah. Tidak hanya itu, Usaha Wardana Farm milik Agus sudah mampu membina petani sebanyak 48 orang di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan dan sekitarnya.

Dari keberhasilan tersebut, Project Manager Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Jawa Timur, Acep Hariri bersama tim manajemen Program YESS PPIU Jatim melakukan kunjungan pada lahan kentang Wardhana Farm di Desa Wonokitri RT 01 RW 01 Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Minggu (16/4).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2124 seconds (0.1#10.140)