5 Bisnis Menjelang Lebaran yang Banyak Diburu Masyarakat

Selasa, 18 April 2023 - 12:16 WIB
loading...
5 Bisnis Menjelang Lebaran yang Banyak Diburu Masyarakat
Terdapat sejumlah bisnis menjelang Lebaran yang banyak diburu oleh masyarakat Tanah Air. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah bisnis menjelang Lebaran yang banyak diburu oleh masyarakat Tanah Air. Salah satunya adalah kue kering yang selalu identik dengan perayaan Idulfitri.

Saat ini, umat muslim telah memasuki penghujung bulan Ramadan. Maka dari itu, tak lama lagi masyarakat akan menyambut Hari Raya Idul Fitri atau biasa dikenal sebagai Lebaran.

Jelang Lebaran, terdapat beberapa sektor usaha di Tanah Air yang ramai diburu masyarakat. Momen tersebut biasanya memang digunakan orang-orang untuk belanja kebutuhan sebagai persiapan Idulfitri.



Berikut lima bisnis menjelang Lebaran yang banyak diburu masyarakat.

Daftar Bisnis Jelang Lebaran yang Banyak Dicari Masyarakat

1. Busana Muslim

Busana Muslim menjadi salah satu barang yang banyak diburu masyarakat menjelang Hari Raya Idulfitri. Cukup banyak jenis yang tersedia seperti baju koko, kaftan, hingga gamis.

2. Kue Kering

Kue kering menjadi salah satu makanan yang sangat identik dengan Lebaran. Berbagai jenis olahan dan varian dari kue ini hampir selalu tersaji di meja setiap rumah saat Idulfitri.

Beberapa jenis populer yang banyak disukai di antaranya adalah nastar, putri salju, dan lain sebagainya.


3. Bisnis Reservasi Tiket

Momen Lebaran selalu digunakan para perantau di luar kota untuk mudik atau pulang ke kampung halamannya. Sekadar menghabiskan waktu bersama keluarga, orang-orang akan rela antre dan berdesak-desakan dengan keramaian saat berada di perjalanan.

Dalam rutinitas budaya ini, bisnis seperti reservasi tiket mudik tentu banyak diburu. Masyarakat sudah biasa menggunakan alat transportasi umum seperti pesawat, kereta api, ataupun bus.

4. Bisnis OIeh-Oleh Khas Lebaran

Bisnis jelang Lebaran yang ramai berikutnya adalah oleh-oleh khas daerah. Saat mudik Lebaran, kebanyakan orang akan membawakan buah tangan untuk keluarganya di rumah.

Tak hanya makanan, namun bisa juga seperti benda kerajinan tangan dan lainnya. Kebiasaan ini menjadikan bisnis toko oleh-oleh khas daerah menjadi ramai diserbu.

5. Penukaran Uang

Penukaran uang baru menjadi salah satu bisnis yang banyak diburu jelang Lebaran. Hal ini didasarkan atas tradisi masyarakat Tanah Air yang kerap memberikan pesangon, khususnya kepada anak kecil di keluarga, kerabat, atau tetangga.

Biasanya, orang-orang akan menukarkan uangnya dengan nominal yang lebih kecil. Sebut saja seperti Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, hingga Rp20.000. Jelang Lebaran, biasa ditemui beberapa orang yang membuka jasa penukaran uang di pinggir jalan.

Itulah deretan bisnis menjelang lebaran yang banyak diserbu masyarakat.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2100 seconds (0.1#10.140)