Layani Pemudik 24 Jam, BPJS Kesehatan Resmikan Posko Mudik

Rabu, 19 April 2023 - 06:00 WIB
loading...
Layani Pemudik 24 Jam, BPJS Kesehatan Resmikan Posko Mudik
BPJS Kesehatan hadirkan Posko Mudik bertema Mudik Aman Berkesan Bersama BPJS Kesehatan. Peresmian Posko Mudik BPJS Kesehatan digelar di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Utara, Selasa (18/4/2023).
A A A
JAKARTA - BPJS Kesehatan hadirkan Posko Mudik bertema Mudik Aman Berkesan Bersama BPJS Kesehatan. Peresmian Posko Mudik BPJS Kesehatan digelar di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Utara, Selasa (18/4/2023).

Peresmian ini turut dihadiri oleh Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Wakil Wali Kota Jakarta Timur, Kepala Unit Pengelola Terminal Terpadu Pulo Gebang, serta Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Jakarta Timur.

Posko Mudik BPJS Kesehatan tersedia pada 18 sampai 21 April 2023 yang berada di lima titik, yakni Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area Tol Cikampek KM 57, Rest Area Tol Ungaran KM 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, dan Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar.

Hal ini guna mendukung kegiatan tradisi mudik Lebaran, BPJS Kesehatan ini memberikan jaminan kesehatan kepada peserta program JKN selama melakukan perjalanan. Apalagi, saat ini BPJS Kesehatan telah mengcover 252 juta penduduk Indonesia. Seperti halnya yang dikatakan oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti.

“Kami ingin masyarakat bisa mudik Lebaran aman, nyaman bersama BPJS Kesehatan. Oleh karena itu, BPJS Kesehatan ingin memberikan mutu layanan yang lebih baik lagi."

Jadi, lanjut Ghufron, dengan menyediakan posko, pihaknya berharap para pemudik bisa beristirahat dengan nyaman.

"Para pemudik kalau capek bisa istirahat, karena kita sediakan kursi pijat otomatis dan manual dengan orang yang bisa mijat. Ada juga layanan kesehatan dan menyediakan mobile, semacam ambulans,” kata Ghufron.

Program ini digelar sebagai upaya mendukung aktivitas para peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam melakukan perjalanan mudik Lebaran 2023. Posko mudik BPJS Kesehatan ini menyediakan berbagai fasilitas pelayanan kesehatan dan memberikan takjil gratis.

Adapun pelayanan kesehatan yang diberikan, di antaranya konsultasi kesehatan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat emergency dan pemberian rujukan apabila diperlukan, serta ambulans. Bahkan, secara khusus BPJS Kesehatan menggandeng tuna netra untuk memberikan pelayanan pijat gratis kepada para pemudik. Pelayanan kesehatan ini tersedia selama 24 jam.
Layani Pemudik 24 Jam, BPJS Kesehatan Resmikan Posko Mudik

(Foto: dok Tim MPI)

Pada posko tersebut, nantinya terbagi atas tiga tim yang bertugas secara bergantian setiap delapan jam. Di mana, masing-masing tim terdiri atas petugas BPJS Kesehatan, dokter, paramedis, dan pengemudi ambulans.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2471 seconds (0.1#10.140)