PLN Icon Plus-ABB Siap Dorong Percepatan Ekosistem Kendaraan Listrik

Rabu, 19 April 2023 - 11:43 WIB
loading...
PLN Icon Plus-ABB Siap Dorong Percepatan Ekosistem Kendaraan Listrik
Penandatanganan kerja sama antara PLN Icon Plus dengan ABB pada Senin (17/4) bersamaan dengan penyelenggaraan pameran Hannover Messe 2023 di Hannover, Jerman. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sejalan dengan upaya pemerintah mendorong tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Tanah Air, PLN Icon Plus menjalin kolaborasi dengan ABB terkait kerja sama pengembangan layanan dan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik di Indonesia.

Penandatanganan kerja sama antara PLN Icon Plus dengan ABB berlangsung pada Senin (17/4), bersamaan dengan penyelenggaraan pameran Hannover Messe 2023 di Hannover, Jerman. PLN Icon Plus dan ABB akan melakukan berbagai kajian teknologi dan studi terkait pengembangan layanan pengisi daya kendaraan listrik, penyediaan perangkat pengisi daya kendaraan listrik (charger) serta pengembangan platform digital.



Penandatanganan kerja sama dilakukan antara Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi dan ABB E-mobility Sales Lead for Europe Andre Stroemich. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo yang turut menyaksikan menegaskan harapannya agar kerja sama tersebut dapat memperluas titik sebaran charging station di Indonesia.

"Kerja sama antara PLN Icon Plus dengan ABB ini penting untuk ikut mendorong percepatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. PLN Icon Plus agar bisa menghadirkan skema bisnis yang lebih feasible sehingga partnership ini betul-betul mutual secara bisnis," ungkap Darmawan dalam keterangan pers, Rabu (19/4/2023).



Sementara itu, Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi mengatakan, melalui penandatanganan nota kesepahaman ini, PLN Icon Plus dan ABB ikut serta mendukung pemerintah dalam era kendaraan listrik. "Penggunaan kendaraan listrik kedepannya akan terus berkembang pesat, tentunya PLN Icon Plus akan terus mengembangkan bisnis Beyond kWH, terutamanya kendaraan bermotor listrik berbasis baterai beserta ekosistemnya," ujar dia.

Kendaraan listrik berkembang sangat pesat di Indonesia. Tidak hanya dari sisi jumlah kendaraannya, tetapi juga dalam hal penyediaan infrastruktur pengisian daya listrik yang andal di berbagai wilayah Indonesia. Berdasarkan data PT PLN (Persero), hingga Desember 2022, jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) mencapai 588 unit yang tersebar di 257 lokasi di seluruh Indonesia. Jika dibandingkan tahun 2021, terjadi peningkatan signifikan 120,22% dari sebelumnya 267 unit di 197 lokasi.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)