10 Kota dengan Jumlah Miliarder Terbanyak di Dunia, Moskow Rusia Bangkit

Jum'at, 21 April 2023 - 07:07 WIB
loading...
10 Kota dengan Jumlah Miliarder Terbanyak di Dunia, Moskow Rusia Bangkit
Setelah penurunan tajam jumlah miliarder pada tahun lalu, Moskow telah bangkit kembali. Ibu kota Rusia sekarang menjadi rumah bagi 61 miliarder, dan masuk dalam 10 kota dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - New York sekali lagi menjadi kota dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia. Pada tahun 2023, dari 2.640 miliarder dalam daftar Miliarder Dunia Forbes terbaru, ada 101 di antaranya telah menjadikan New York City sebagai tempat tinggal mereka.



Sementara itu China masih mendominasi dengan mengirimkan wakil lebih dari satu dalam 10 besar kota dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia. Beijing turun ke peringkat kedua tahun lalu dan kini kembali merosot ke posisi No.3 tahun ini.

Selanjutnya ada Shanghai yang naik ke peringkat ke empat menyalip London, setelah tahun kemarin bertengger di No.5. Kemudian ada Shenzhen turun ke posisi delapan dari tempat No. 6 setahun yang lalu. Selain itu, Hong Kong naik ke No. 2 setelah menambahkan hanya dua miliarder ke penghitungannya.

Setelah penurunan tajam jumlah miliarder pada tahun lalu, Moskow telah bangkit kembali. Ibu kota Rusia sekarang menjadi rumah bagi 61 miliarder, naik dari hanya 53 tahun lalu. Hal ini karena harta orang tajir Rusia sebagian besar telah pulih dari level terendah pada 2022 berkat kenaikan harga komoditas yang melampaui dampak sanksi dari invasi ke Ukraina.

Di sisi lain saat miliarder Inda terus bertambah, skandal Gautam Adani menjadi sorotan. New Delhi berbagi posisi dengan San Francisco usai masing-masing memiliki 37 miliarder untuk menempatkannya di No.10 yang sebelumnya dipegang oleh Seoul.

Sedangkan Mumbai naik satu tempat, dari peringkat kedelapan tahun lalu ke No.7 tahun ini.

Kota-Kota dengan Miliarder Terbanyak:

1. New York City

101 miliarder
Sejak tahun lalu: minus 6
Total kekayaan bersih: USD616.8 miliar
Penduduk terkaya: Michael Bloomberg (USD94.5 miliar)

Meskipun kehilangan enam orang miliarder sejak tahun lalu, New York masih menjadi ibu kota para orang super kaya . Total kekayaan penghuni kota ini sangat fantastis yakni lebih banyak USD208 miliar dari posisi runner-up Paris.

Hampir seperempat dari kekayaan kota terkonsentrasi di antara dua orang yakni Michael Bloomberg (perkiraan kekayaan bersih: USD94,5 miliar), dan terkaya kedua Julia Koch (USD59 miliar). Sedangkan penurunan terbesar dialami termasuk di antaranya Alex Attalah dan Devin Finzer, salah satu pendiri pasar NFT OpenSea.

2. Hong Kong

70 miliarder
Sejak tahun lalu: bertambah 2
Total kekayaan bersih: USD286.8 miliar
Penduduk terkaya: Li Ka-shing (USD38 miliar)

Hong Kong pindah ke posisi kedua tahun ini usai bertambah dua miliarder. Mereka yang mencetak comeback adalah dua taipan yang telah mendapat manfaat dari pembukaan kembali China dan peningkatan permintaan dari sektor perjalanan: Zhao Tongtong (USD1,3 miliar), salah satu pendiri operator jaringan hotel H World Group, dan Lawrence Ho (USD1,2 miliar), yang mengendalikan operator kasino yang terdaftar di Hong Kong Melco Resorts.

3. Beijing

68 miliarder
Sejak tahun lalu: berkurang 15
Total kekayaan bersih: USD247.2 miliar |
Penduduk terkaya: Zhang Yiming (USD45 miliar)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1952 seconds (0.1#10.140)