20 Miliarder Teknologi Jatuh Miskin Tahun Ini, No 1 Hartanya Raib Rp841 Triliun

Kamis, 13 April 2023 - 11:57 WIB
loading...
20 Miliarder Teknologi Jatuh Miskin Tahun Ini, No 1 Hartanya Raib Rp841 Triliun
Miliarder teknologi di dunia mengalami tahun yang sulit, membuat jumlahnya berkurang begitu pun dengan harta kekayaan mereka. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Sektor teknologi terus mengalami kejatuhan setelah sempat bersinar terang. Miliarder teknologi di dunia mengalami tahun yang sulit, membuat jumlahnya berkurang begitu pun dengan harta kekayaan mereka.



Secara keseluruhan, Forbes menemukan 313 miliarder yang mengumpulkan harta kekayaan dari sektor teknologi atau jumlah tersebut menyusut jauh bila dibandingkan dengan tahun lalu sebanyak 332 orang. Agregat kekayaan bersih para miliarder teknologi dunia ini juga menyusut USD200 miliar atau setara Rp2.951 Triliun tepatnya Rp2,9 Kuadriliun (Kurs Rp14.758 per USD) menjadi USD1,9 triliun dari tahun lalu USD2,1 triliun.

Angka yang lebih rendah mencerminkan pasar teknologi mulai menyusut usai menyentuh rekor tertinggi pada tahun 2021, ketika Forbes mencatat ada 365 miliarder teknologi yang bernilai USD2.5 triliun, untuk menjadi tertinggi sepanjang sejarah.



Sektor teknologi telah terbukti tidak kebal dari kekhawatiran tentang inflasi, kenaikan suku bunga dan kekhawatiran resesi — belum lagi kebijakan keras pemerintah China terhadap mogul teknologi.Kerugian terbesar dialami oleh pendiri Amazon Jeff Bezos, yang lebih miskin USD57 miliar dari tahun lalu. Biang keroknya adalah penurunan saham raksasa e-commerce, Amazon sebesar 38%.

Sempat rekrutmen besar-besaran selama pandemi Covid-19, namun kini semua berbalik saat Amazon terpantau sudah melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) mencapai 27.000 pegawai pada awal 2023.

Mantan istri Jeff Bezos yakni MacKenzie Scott — yang mendapat seperempat saham dalam perceraian pada 2019 lalu- juga mengalami penurunan besar mencapai USD19,2 miliar.

Miliarder teknologi lainnya yang kekayaannya mendapat pukulan besar di antaranya termasuk Larry Page dan Sergey Brin dari Google (masing-masing kehilangan USD31,8 miliar dan - USD31 miliar).

Selanjutnya ada Bill Gates dan Steve Ballmer dari Microsoft (masing-masing rugi USD25 miliar dan USD10,7 miliar). Microsoft dan perusahaan induk Google Alphabet juga telah mengumumkan PHK besar-besaran pada tahun 2023, masing-masing mempengaruhi 10.000 dan 12.000 karyawan.

Tetapi perusahaan teknologi blue chip bukan satu-satunya yang merasakan tekanan besar. Unicorn, sebutan untuk startup berinilai USD1 miliar atau lebih juga telah berjuang tahun ini, karena uang kapitalis ventura telah mengering dan valuasi mereka jatuh.

Pendiri unicorn telah kehilangan sebagian besar kekayaan mereka dari semua miliarder sejak tahun lalu, jika diukur dengan persentase kekayaan bersih. Salah satu contohnya adalah pendiri John dan Patrick Collison dari Stripe, yang mengumpulkan uang kira-kira USD50 miliar pada bulan Maret, turun 47% dari putaran pendanaan terakhirnya pada Maret 2021.

Ada juga Melanie Perkins dan Cliff Obrecht dari perusahaan desain grafis Canva, yang bernilai sama sekitar setengah dari puncaknya September 2021, menurut perkiraan Forbes. Masing-masing dari keempatnya telah melihat kekayaan mereka turun lebih dari 40% sejak peringkat Forbes 2022.

Secara keseluruhan, Forbes menemukan bahwa 51 pendiri unicorn lebih miskin daripada tahun 2022 —dan setidaknya 19 orang tidak lagi menyandang status miliarder.Bukan berarti teknologi bukan sektor yang menjanjikan untuk menjadi kaya. Dimana sektor ini masih menyumbang miliarder ketiga terbanyak.

Ini Daftar 20 Miliarder Teknologi yang Kehilangan Kekayaan Paling Besar Tahun Ini:

(Kekayaan bersih per 10 Maret 2023)

1. Jeff Bezos

Kekayaan bersih: USD114 Miliar
Perubahan sejak Maret 2022: minus USD57 Miliar (setara Rp841 triliun)
Sumber Kekayaan: Amazon

Jeff Bezos tercatat lebih miskin USD57 miliar dari tahun lalu untuk menjado kerugian terbesar yang dialami miliarder mana pun dalam daftar orang terkaya Forbes di 2023. Hal itu akibat penurunan sepertiga harga saham Amazon.

Sejak mengundurkan diri sebagai CEO Amazon pada tahun 2021, Bezos telah terbang ke luar angkasa melalui perusahaannya Blue Origin, membuat superyacht senilai USD500 juta dan giat melakukan kegiatan filantropinya dengan memberikan dukungan untuk kelompok-kelompok seperti prasekolah gratis Bezos Academy dan hibah dari Bezos Earth Fund miliknya.

2. Larry Page

Kekayaan bersih: USD79.2 Miliar
Perubahan sejak Maret 2022: kehilangan USD31.8 Miliar |
Sumber Kekayaan: Google

Salah satu pendiri Google yang mulai menjauh dari operasional perusahaan pada tahun 2019, tetapi pada akhir tahun 2022 menghadiri pertemuan strategi bersama salah satu pendiri laiinya Sergey Brin di tengah perlombaan senjata AI generatif yang didorong oleh ChatGPT.

Page juga berhenti menjual sahamnya: Setelah membongkar lebih dari USD2.5 miliar (sebelum pajak) sepanjang periode Mei 2021 dan April 2022. Sejak saat itu ia belum menjual sahamnya dan kemudian melihat kekayaannya turun karena penurunan 30% saham Google.

3. Sergey Brin

Kekayaan bersih: USD76 Miliar
Perubahan sejak Maret 2022: rugi USD31 Miliar
Sumber Kekayaan: Google

Seperti salah satu pendirinya Page, Brin membuka kemungkinan mengambil peran lagi yang lebih aktif di perusahaan induk Google Alphabet. Permintaan kode yang diajukan pada bulan Januari tampaknya menjadi yang pertama dalam beberapa tahun, dan dia dilaporkan telah mengirimkan perubahan kode ke chatbot AI Google.

Brin menjual saham Alphabet senilai lebih dari USD2.5 miliar antara Mei 2021 dan April 2022.

4. Bill Gates

Kekayaan bersih: USD104 Miliar
Perubahan sejak Maret 2022: minus USD25 Miliar
Sumber Kekayaan: Microsoft

Gates masih menghabiskan 10% waktunya untuk bekerja dengan tim di Microsoft, meskipun sudah mengundurkan diri dari dewan pada tahun 2020. Dia memiliki hanya sekitar 1% saham, yang telah turun nilainya hingga 10% sejak tahun lalu.

Tetapi alasan penurunan terbesar harta kekayaannya adalah: Pada bulan Juli, Gates mengumumkan memberikan USD20 miliar kepada Gates Foundation yang ia pimpin bersama mantan istrinya, Melinda French Gates. Pasangan ini berencana untuk mengakhiri organisasi dalam waktu 25 tahun.

5. MacKenzie Scott

Kekayaan bersih: USD24.4 Miliar
Perubahan sejak Maret 2022: berkurang USD19.2 Miliar
Sumber Kekayaan: Amazon
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1473 seconds (0.1#10.140)