Sanksi AS Tumpul?, Miliarder Rusia Justru Dapat Durian Runtuh Rp1.537 Triliun

Rabu, 19 April 2023 - 06:51 WIB
loading...
Sanksi AS Tumpul?, Miliarder Rusia Justru Dapat Durian Runtuh Rp1.537 Triliun
Miliarder Rusia yang kena sanksi oleh negara-negara Barat telah mendapatkan kembali hartanya sebesar USD104 miliar atau setara Rp1.537 triliun secara mengejutkan sejak Maret lalu. Foto/Dok
A A A
MOSKOW - Miliarder Rusia yang dikenai sanksi oleh negara-negara Barat atau tepatnya berjumlah 39 orang telah mendapatkan kembali USD104 miliar atau setara Rp1.537 triliun (Kurs Rp14.785 per USD) secara mengejutkan sejak Maret lalu. Harta mereka juga hanya turun 13% sejak sehari sebelum perang Rusia Ukraina pecah.



Pada 24 Februari 2022, bom mulai jatuh di Kyiv saat pasukan Rusia menginvasi Ukraina. Pada hari yang sama, salah satu oligarki miliarder paling terkemuka di Rusia, Roman Abramovich mengalihkan mayoritas saham miliknya di 10 trust di pusat keuangan lepas pantai Siprus dan Jersey kepada enam anaknya.

Perwalian tersebut setidaknya aset tersebut bernilai USD4 miliar, menurut dokumen yang bocor dari penyedia layanan perusahaan Siprus yang dibagikan dengan Organized Crime and Corruption Reporting Project (OCCRP) dan mitranya, termasuk Forbes dan The Guardian.



Sembilan belas hari kemudian, Abramovich kena sanksi oleh Uni Eropa -tetapi asetnya yang berharga telah diteruskan ke anak-anaknya, mengisolasi mereka agar tidak dibekukan atau disita. Pada minggu-minggu berikutnya, Abramovich melangkah lebih jauh, secara fisik memindahkan superyacht-nya keluar dari Eropa dan memarkirnya di pantai yang lebih ramah.

Empat kapal pesiar miliknya -termasuk Eclipse setinggi 533 kaki seharga USD429 juta dan Solaris setinggi 458 kaki senilai USD507 juta- berlayar ke Turki, di mana mereka tidak dapat disita oleh negara-negara Barat. (Turki tetap netral dalam perang Rusia di Ukraina.)

Hingga akhirnya, Abramovich harus menyerahkan tim sepak bola miliknya Chelsea yang menjadi bagian dari Liga Premier Inggris, dalam penjualan yang dipaksa oleh pemerintah Inggris. Tetapi ia berhasil melakukannya dengan baik.

Kekayaan Abramovich turun dari sekitar USD14,3 miliar pada 23 Februari menjadi USD6,9 miliar dua minggu kemudian, setelah rubel runtuh dan pasar saham Rusia ditutup. Sekarang kekayaannya kembali hingga USD9,2 miliar menurut perkiraan Forbes.

Ini adalah kisah yang dialami oleh hampir seluruh miliarder Rusia di tengah gempuran sanksi Barat, meski demikian mereka mendapatkan kembali sebagian besar kekayaannya. Beberapa yang asetnya tertanam di Rusia benar-benar melihat peluang untuk memperkuat pondasi mereka dan mengambil aset yang ingin dibuang orang lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1937 seconds (0.1#10.140)