APPI Akui Penjualan Automotif 2015 Turun

Selasa, 26 Januari 2016 - 14:39 WIB
APPI Akui Penjualan Automotif 2015 Turun
APPI Akui Penjualan Automotif 2015 Turun
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno mengakui, penjualan automotif 2015 di Indonesia turun. Hal tersebut disebakan melemhnya ekonomi di Tanah Air.

Menurutnya, pelemahan ekonomi menyebabkan beberapa sektor komoditas tergerus, dan daya beli masyarakat ikut menurun. Sehingga, industri automotif menjadi lesu karena masyarakat lebih memilih menyimpan uangnya.

"‎Penjualan automotif turun, baik yang roda 4 maupun roda 2. Enggak hanya itu, penjualan alat berat juga suda turun dari tiga tahun terakhir," kata Suwandi di Raffles Hotel, Jakarta, (26/1/2016).

Padahal, pembiayaan yang paling besar datang dari penjualan-penjualan tersebut. Jika semua turun walaupun ada penjualan besar, namun tetap tidak akan mengangkat karena daya beli yang melemah.

"Daya beli ini karena keadaan ekonomi tidak mendukung di 2015. Penurunan begitu banyak terjadi di komoditas tambang dilanjutkan harga karet dan harga CPO," ujarnya.

Akibatnya, lanjut Suwandi, proyek infrastruktur yang dicanangkan pemerintah pada tahun lalu tidak berjalan mulus. Bahkan, baru mulai dikerjakan pada akhir 2015.

"Alhamdulilah di akhir tahun mulai berjalan, itu setelah Pilkada, tahun ini mudah-mudahan akan lebih baik, kita melihat itu," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4263 seconds (0.1#10.140)