10 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia, Nomor 1 Sedot Gaji Rp4,4 Juta

Kamis, 27 April 2023 - 12:00 WIB
loading...
10 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia, Nomor 1 Sedot Gaji Rp4,4 Juta
Kota-kota besar yang ada di Indonesia sebagian memiliki biaya hidup yang mahal. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Usai Lebaran, biasanya banyak masyarakat desa yang berbondong-bondong mencari peruntungan di sejumlah kota besar. Mereka berharap mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi.



Kota-kota besar di Indonesia selalu menjadi daya tarik warga untuk mencari penghidupan baru. Beragam lapangan pekerjaan tersedia di kota-kota besar dengan besaran gaji yang menarik.

Meski menjanjikan penghasilan yang lebih baik, kota-kota besar juga lebih menyedot banyak gaji atau penghasilan untuk berbagai kebutuhan hidup. Mulai dari kebutuhan pangan hingga hiburan, harus dibayar lebih mahal jika dibandingan dengan hidup di daerah.

Besarnya biaya hidup di sebuah kota dipengaruhi oleh beberapa faktor. Umumnya, semakin ramai sebuah kota, harga kebutuhan pun kian tinggi. Jadi jika masyarakat hendak membawa teman atau kerabat untuk mencari peruntungan di kota-kota besar, harus dipahami dulu sejumlah tantangan utama.

Salah satunya mahalnya biaya hidup. Mengutip berbagai sumber, Selasa (3/5/2022), berikut 10 kota dengan biaya hidup paling mahal di Indonesia:

1. Jakarta

Jakarta selalu menjadi tujuan utama para pendatang dari daerah. Maklum, Jakarta merupakan kota terbesar di Indonesia. Makanya, PJ Gubernur Heru mewanti-wanti agar pendatang sudah memiliki pekerjaan. Jika tidak, mereka akan dianggap bisa membebenani pemerintah provinsi.

Meski jadi tujuan pavorit, Jakarta menempati urutan pertama sebagai kota dengan biaya hidup termahal. Menurut hasil survei biaya hidup (SBH) tahun 2018, total rata-rata pengeluaran per kapita di Jakarta adalah Rp4.446.770. Jadi minimal gaji atau penghasilan yang diraih minimal harus sebesar itu agar bisa hidup layak.

Pengeluaran rata-rata per kapita adalah biaya yang dikeluarkan untuk konsumsi semua anggota rumah tangga selama sebulan, baik yang berasal dari pembelian, pemberian maupun produksi sendiri dibagi dengan banyaknya anggota rumah tangga dalam rumah tangga tersebut. Sedangkan, total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah Rp16.897.727.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)