Tekankan Adaptasi Digital, Basperindo Dorong Peningkatan Kesejahteraan Buruh

Senin, 01 Mei 2023 - 08:51 WIB
loading...
Tekankan Adaptasi Digital, Basperindo Dorong Peningkatan Kesejahteraan Buruh
Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Badan Serikat Pekerja Persatuan Indonesia (DPN Basperindo) Arnod Sihite mendorong buruh untuk mampu berdaptasi secara digital guna peningkatan kesejahteraan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Peringatan Hari Buruh pada 1 Mei 2023 harus menjadi momentum transformasi bagi buruh agar kesejahteraan mereka lebih meningkat. Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Badan Serikat Pekerja Persatuan Indonesia (DPN Basperindo ) Arnod Sihite mendorong buruh untuk mampu berdaptasi secara digital guna peningkatan kesejahteraan.

"Apalagi sekarang e-commerce, jual beli online, sedang tumbuh. Digitalisasi ekonomi juga bisa dikerjakan para buruh di samping pekerjaan utama mereka," tutur Arnod, Minggu (30/4/2023).



Kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional (PDB) menembus 61,1%, kata Arnod --yang juga Wakil Ketua Umum DPP Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Pimpinan Yorrys Raweyai tersebut, sehingga hal itu sangat potensial untuk digarap oleh buruh di seluruh Indonesia.

"Sebagai kelas pekerja, tentu saja perlu upaya tambahan untuk memperkuat basis ekonomi keluarga, yaitu dengan merambah sektor UMKM," ungkapnya.



Arnod --yang juga Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Percetakan Penerbitan Media Informasi
tersebut-- mendorong agar buruh di seluruh Indonesia jangan ketinggalan momentum untuk terus meningkatkan kapasitas.

Utamanya, kapasitas digital melalui berbagai pelatihan yang dilakukan komunitas buruh maupun pemerintah. "Kami juga mendorong agar organisasi buruh juga menjadi tempat belajar ilmu-ilmu ekonomi digital, pelatihan konkret bagaimana berdagang di pasar online maupun offline supaya buruh mampu beradaptasi," katanya.

Bagi Arnod, gerakan buruh tidak hanya gerakan sosial atau politik semata. Namun, harus menjadi gerakan ekonomi, karena ujung dari perjuangan buruh adalah peningkatan kesejahteraan.

"Peringatan May Day kali ini menjadi momentum untuk transformasi kesadaran pada seluruh buruh di Indonesia untuk peduli pada gerakan kebangkitan ekonomi ini," pungkas Anggota Lembaga Kerja Sama Tripartit Nasional itu.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2106 seconds (0.1#10.140)