Pejabat Ekonomi Senior ASEAN Gelar Pertemuan di Jakarta, Bahas Apa?

Sabtu, 06 Mei 2023 - 19:05 WIB
loading...
Pejabat Ekonomi Senior ASEAN Gelar Pertemuan di Jakarta, Bahas Apa?
Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional, Kementerian Perdagangan (Kemendag) sekaligus pimpinan pertemuan atau Chair of Prep-SEOM for 22nd AEC Council Meeting, Djatmiko Bris Witjaksono (kanan). Foto/MPI/Cahya Puteri Abdi Rabbi
A A A
JAKARTA - Para pejabat senior dari negara-negara ASEAN hari ini menggelar pertemuan Preparatory Senior Economic Officials’ Meeting (Prep-SEOM) for the 22nd AEC Council Meeting di Jakarta.

Pertemuan tersebut membahas sejumlah isu yang akan dilaporkan dalam pertemuan para menteri terkait komunitas ekonomi ASEAN atau The 22nd ASEAN Economic Community Council Meeting.

Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional, Kementerian Perdagangan (Kemendag) sekaligus pimpinan pertemuan atau Chair of Prep-SEOM for 22nd AEC Council Meeting, Djatmiko Bris Witjaksono menjelaskan, secara garis besar pertemuan itu membahas persiapan laporan untuk para kepala negara, khususnya yang terkait dengan pilar ekonomi.

“Pertemuan ini untuk meninjau dan memperbarui capaian-capaian yang harus dilaksanakan sesuai dengan ASEAN Economic Blueprint 2025, sekaligus kita membicarakan progress dari penyiapan ASEAN Post-2025 Vision,” ungkapnya saat ditemui di Hotel Kempinski Jakarta, Sabtu (6/5/2023).

Selain itu, sebagaimana diketahui bahwa Timor Leste sedang dalam proses untuk menjadi anggota seutuhnya dari kerja sama kawasan ASEAN.



Dalam hal ini, Timor Leste disebut memerlukan langkah-langkah intensif untuk bergabung secara penuh dan mengikuti semua agenda, khususnya dalam konteks integrasi ekonomi di ASEAN.

“Tadi juga membahas itu. Kita perlu memberikan dukungan, termasuk pembangunan kapasitas untuk Timor Leste bisa secepatnya mengikuti dinamika dan perkembangan yang terjadi di ASEAN,” tuturnya.



Pertemuan yang dilakukan juga membahas aturan-aturan agar Timor Leste dapat mengikuti berbagai kegiatan di ASEAN, khususnya di bawah pilar ekonomi, serta peta jalan atau roadmap seperti apa yang harus dibuat dan dijalankan.

“Tidak hanya Indonesia, tapi kita juga mengundang negara ASEAN yang ingin memberikan bantuan terhadap Timor Leste supaya mempercepat proses mereka berintegrasi,” tutup Djatmiko.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1677 seconds (0.1#10.140)