ASEAN Didorong jadi Pusat Pertumbuhan Dunia, Airlangga Beberkan Kuncinya

Sabtu, 06 Mei 2023 - 11:43 WIB
loading...
ASEAN Didorong jadi Pusat Pertumbuhan Dunia, Airlangga Beberkan Kuncinya
Menko bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto/SINDOnews/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Indonesia kembali menggenggam estafet Keketuaan ASEAN untuk kali keempat pada tahun ini. Kepemimpinan Indonesia di ASEAN senantiasa dinantikan, mengingat Indonesia kerap menghasilkan legacy tersendiri bagi integrasi kawasan.

“Pada tahun 2023, sesuai tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth, Indonesia memiliki visi untuk menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melalui siaran pers, dikutip Sabtu (6/5/2023).

Dia pun lantas menerangkan tema “Epicentrum of Growth” secara lebih rinci yang ditekankan pada tiga elemen yaitu pengembangan ketahanan kawasan, penguatan faktor pendorong (key drivers), serta implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific.

Airlangga menjelaskan, tema tersebut dilatarbelakangi oleh modalitas yang mendukung pertumbuhan ekonomi ASEAN, seperti populasi usia produktif yang tinggi, pendapatan per kapita yang terus meningkat, serta perjanjian perdagangan dengan mitra dagang utama yang menjamin akses pasar dan kebutuhan dunia usaha.

Dia memaparkan bahwa faktor kunci untuk membuka potensi tersebut adalah konektivitas di antara negara-negara ASEAN, antara lain melalui digitalisasi dan infrastruktur kawasan.

“Dalam hal ini, konektivitas juga diperlukan untuk memperlancar kegiatan ekonomi dari segi mobilitas barang, jasa, serta masyarakat, guna mendukung pertumbuhan ekonomi,” urainya.

Terkait perkembangan perekonomian ASEAN, akan diselenggarakan Pertemuan Menteri Dewan Masyarakat Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Community Council/AECC) ke-22 di Jakarta pada 6–7 Mei 2023 di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta.

Acara tersebut merupakan rangkaian event menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 yang akan digelar di Labuan Bajo, NTT, pada 9–11 Mei 2023 mendatang.

Pertemuan tersebut akan membahas prioritas ekonomi Indonesia pada Keketuaan ASEAN yang selanjutnya akan dilaporkan kepada Kepala Negara di KTT ASEAN.

Salah satu keluaran utama pertemuan tersebut adalah kesepakatan Kepala Negara untuk mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik (electric vehicle/ EV) di ASEAN.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1998 seconds (0.1#10.140)