Sambut KTT ASEAN, 67 UMKM Meriahkan Pesta Rakyat di Labuan Bajo

Selasa, 09 Mei 2023 - 17:07 WIB
loading...
Sambut KTT ASEAN, 67 UMKM Meriahkan Pesta Rakyat di Labuan Bajo
Sebanyak 67 UMKM lokal ikut memeriahkan Pesta Rakyat di Labuan Bajo sebagai side event dari KTT ASEAN. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Gelaran KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dimulai hari ini disambut antusias oleh masyarakat dan pelaku Usaha MIkro Kecil Menengah (UMKM) setempat.

Sebelumnya, mereka juga dilibatkan dalam side event Pesta Rakyat yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kemenparekraf juga berkolaborasi dengan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat dalam menggelar Pesta Rakyat di Lapangan Waekasambi Labuan Bajo, Minggu (7/5).

Pesta rakyat yang diisi dengan konser musik dan pameran produk UMKM tersebut dibuka oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Tanoesoedibjo. Pesta Rakyat yang dimulai pukul 15.00-23.00 WITA terdiri dari bazar kuliner, pertunjukan musik dan budaya, serta fashion show.

Sambut KTT ASEAN, 67 UMKM Meriahkan Pesta Rakyat di Labuan Bajo


Wamenparekraf Angela juga tampak antusias mengunjungi beberapa stand yang tertata rapi didampingi Direktur Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran Kemenparekraf Masruroh dan Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina.

"Ada 67 UMKM yang terlibat dan ini juga berasal dari Nagekeo, Sikka, dan Lembata, jauh-jauh ke Labuan Bajo untuk ikut Pesta Rakyat," terang Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina di acara Pesta Rakyat, Labuan Bajo, dikutip Selasa (9/5/2023).

Menurut dia, antusiasme pelaku UMKM untuk terlibat dalam Pesta Rakyat tersebut cukup besar, terlihat dari terus bertambahnya jumlah UMKM yang mendaftarkan diri pada acara tersebut. "Awalnya dari 30 UMKM, ternyata banyak yang berminat, tambah jadi 67," ungkapnya.

Melihat tingginya antusiasme pelaku usaha kecil, Shana menilai perlu adanya ruang yang lebih luas untuk menampilkan dan mengangkat produk-produk UMKM lokal. Dia menilai, UMKM yang ada di daerah juga memiliki berbagai produk dengan kualitas yang bagus dan layak untuk ditunjukkan kepada publik.

"Ini jadi barometer, kalau buat acara harus ada ruang lebih besar karena sudah banyak pelaku usaha yang siap menampilkan karya dan ditunjukkan ke publik," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3141 seconds (0.1#10.140)