31 Dapen BUMN Memprihatinkan, Erick Thohir Pastikan Bersih-bersih Terus Berjalan

Rabu, 10 Mei 2023 - 11:43 WIB
loading...
31 Dapen BUMN Memprihatinkan, Erick Thohir Pastikan Bersih-bersih Terus Berjalan
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan, ada 31 dari 48 dana pensiun (dapen) BUMN masih dalam kondisi prihatin. Foto/Dok
A A A
LABUAN BAJO - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan, ada 31 dari 48 dana pensiun (dapen) BUMN masih dalam kondisi prihatin. Erick juga menegaskan, bahwa bersih-bersih di lingkungan perusahaan pelat merah saat ini terus berjalan.

"Nah itu sejak dari 2 tahun lalu, kita sudah membuat roadmap bagaimana Dapen ini harus dikonsolidasi. Langkahnya sudah kita mulai tahun kemarin dan tiga bulan lalu sudah terlihat bahwa dari 48 tadi ada 31 yang memprihatinkan," kata Erick Thohir saat ditemui di sela-sela KTT ASEAN di Labuan Bajo, Rabu (10/5/2023).



Adapun salah satu dapen BUMN yang bermasalah bahkan menyebabkan kerugian mencapai Rp9,8 triliun. Kebanyakan masalah pada Dapen, menurut Erick, terjadi karena salah urus.

"Tentu sinergi dengan kejaksaan sudah terbukti sangat bagus, bagaimana restrukturisasi Garuda waktu itu lalu juga kemarin bagaimana kami sangat peduli ketika bicara dapen pun di korupsi," jelas Erick.



Meski demikian, pihaknya terus bersinergi dengan pihak kejaksaan. Dimana Kejaksaan Agung pada Selasa (9/5) menetapkan enam tersangka kasus dugaan korupsi Dapen Pelindo.

"Konsen kita adalah untuk memastikan hak daripada yang mendapatkan proteksi dan kami di BUMN harus menjadi solusi daripada kepastian orang untuk mendapatkan haknya," kata dia.

Erick memastikan akan terus mendukung penuh pihak kejaksaan. Ia mengatakan, kerja sama dengan Kementerian BUMN sejak awal bukan hanya terkait penanganan korupsi, tetapi juga perbaikan sistem yang ada di manajemen secara menyeluruh.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2523 seconds (0.1#10.140)