3 Kota di Indonesia yang jadi Tempat KTT ASEAN, Nomor 3 Lagi Naik Daun

Kamis, 11 Mei 2023 - 17:10 WIB
loading...
3 Kota di Indonesia yang jadi Tempat KTT ASEAN, Nomor 3 Lagi Naik Daun
Ada 3 kota atau daerah di Indonesia yang menjadi tempat penyelenggaraan KTT ASEAN, salah satunya Labuan Bajo, NTT yang jadi tuan rumah KTT ke-42 ASEAN tahun 2023. Foto/ASEAN2023 Host Photographer
A A A
JAKARTA - Ada 3 kota atau daerah di Indonesia yang menjadi tempat penyelenggaraan KTT ASEAN . Tercatat sudah 5 kali Indonesia menjadi tuan rumah KTT ASEAN.

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN merupakan pertemuan puncak para pemimpin negara anggota ASEAN dalam kaitannya dengan pengembangan ekonomi dan budaya antar negara-negara Asia Tenggara.

Mengutip Piagam ASEAN, dalam pasal 7 disebutkan bahwa KTT ASEAN terdiri atas para Kepala Negara atau Pemerintahan dari negara-negara Anggota.

KTT ASEAN juga merupakan badan pengambil kebijakan tertinggi ASEAN. Konferensi tahunan ini membahas, memberikan arah kebijakan dan mengambil keputusan atas isu-isu utama yang menyangkut realisasi tujuan-tujuan ASEAN dan hal-hal pokok yang menjadi kepentingan negara-negara anggota, serta isu terkait.

KTT ASEAN setiap tahun diselenggarakan oleh 10 negara kawasan Asia Tenggara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja. Terbaru, Timor Leste resmi bergabung dengan ASEAN pada 11 November 2022 lalu.

KTT ASEAN digelar dua kali dalam setahun, dilaksanakan oleh negara anggota yang memegang Keketuaan ASEAN pada tahun tersebut. Indonesia tercatat sudah lima kali mendapatkan mandat sebagai pemegang Keketuaan ASEAN.



Dengan demikian, sudah lima kali juga Indonesia menjadi tuan rumah KTT ASEAN. Berikut ini 3 kota atau daerah di Indonesia yang menjadi tempat penyelenggaraan KTT ASEAN:

1. Bali

ASEAN didirikan di Bangkok, Thailand pada 8 Agustus 1967 dan menggelar KTT pertamanya di Bali pada 23-24 Februari 1976. KTT pertama dihadiri lima anggota ASEAN sekaligus sebagai pendiri yakni Indonesia, Thailand, Singapura, Filipina, dan Malaysia. Hasilnya adalah Deklarasi Kerukunan ASEAN dan Perjanjian Persahabatan dan Kerjasama antar negara ASEAN.

3 Kota di Indonesia yang jadi Tempat KTT ASEAN, Nomor 3 Lagi Naik Daun


Sukses menggelar KTT perdana, Bali kembali menjadi venue KTT ke-9 ASEAN pada 7-8 Oktober 2003 yang dihadiri 10 negara anggota ASEAN. Konferensi kali ini menyepakati sepenuhnya konsep Bali Concord II yang diharapkan menjadi dasar terbentuknya Komunitas ASEAN.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1295 seconds (0.1#10.140)