Ini 8 Pemimpin Negara yang Menghadiri KTT ASEAN 2023, Nomor Terakhir Punya Kekayaan Rp406 Triliun

Kamis, 11 Mei 2023 - 19:31 WIB
loading...
Ini 8 Pemimpin Negara yang Menghadiri KTT ASEAN 2023, Nomor Terakhir Punya Kekayaan Rp406 Triliun
KTT ASEAN 2023 dihadiri sejumlah pemimpin negara anggota. Foto/BiroSetpres
A A A
JAKARTA - KTT ASEAN 2023 yang dilangsungkan di Labuan Bajo , Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada 10 hingga 11 Mei 2023 dihadiri sejumlah pemimpin negara kawasan. Ada tujuh pemimpin negara yang menghadiri pertemuan puncak ASEAN itu yang tiba di Labuan Bajo, sedangkan satu pemimpin lagi memilih Bali sebagai tempat kedatangan.



Mengingat anggota ASEAN ada 11 negara, termasuk Timor Leste yang diakui secara prinsip pada KTT di Phnom Phen 2022, maka ada dua pemimpin negara ASEAN yang tak bisa menghadiri KTT. Pemimpin dua negara yang tak hadir adalah Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-o-Cha dan Presiden Myanmar Win Myint.

"Thailand menyatakan tidak dapat hadir karena akan pemilu, tanggal 14 Mei Thailand akan melakukan pemilihan umum oleh karena itu yang hadir bukan perdana menterinya tetapi deputi perdana menteri. Sementara dari Myanmar, sesuai dengan keputusan leaders ASEAN sebelumnya maka Myanmar yang diundang adalah dari non-political level bukan dari leader mereka," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Selasa (9/5/2023).

Berikut delapan pemimpin negara yang menghadiri KKT ASEAN ke-42

1. Perdana Menteri Kamboja Hun Sen
Hun Sen tiba sekitar pukul 13.00 WITA di Bandara Internasional Komodo. Hun Sen didampingi Ibu Negara Rany Hun Sen. Orang nomor 1 di Kamboja ini disambut oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Hun Sen adalah politisi Kamboja dan mantan komandan militer yang menjabat sebagai perdana menteri Kamboja sejak 1985. Pria berusia 70 tahun itu adalah kepala pemerintahan terlama di Kamboja, dan salah satu pemimpin terlama di dunia.

2. Perdana Menteri Timor-Leste Taur Matan Ruak
Tau Matan Ruak tiba sekitar pukul 13.45 WITA dan disambut oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. Pria bernama asli Jose Maria de Vasconcelhos ini adalah mantan tokoh militer dan politikus Timor Leste yang menjabat perdana menteri sejak Juni 2018. Taur Matan juga pernah menjabat sebagai Presiden Timor Leste sejak tahun 2012 hingga 2017. Ia merupakan mantan gerilyawan FALINTIL yang menjabat sebagai Panglima Pasukan Pertahanan Timor Leste pertama.

Taur Matan Ruak adalah nama yang menggunakan bahasa Indonesia. Sebelum melepaskan diri dengan Indonesia pada 2002, Timor Leste merupakan provinsi ke-27 Indonesia dengan nama Timor Timur, alias Timtim.

3. Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh
Pham Minh Chinh mendarat di Bandara Komodo sekitar pukul 14.20 WITA yang disambut oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Phạm Minh Chính adalah seorang politikus Vietnam dan jenderal keamanan publik yang menjabat sebagai perdana menteri pada Agustus 2021. Pham juga merupakan seorang doktor di bidang hukum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1160 seconds (0.1#10.140)