Membantu UMKM Mengakses Permodalan melalui Digitalisasi BPR

Kamis, 11 Mei 2023 - 15:25 WIB
loading...
Membantu UMKM Mengakses Permodalan melalui Digitalisasi BPR
Melihat permasalahan UMKM yang masih mengalami kesulitan dalam mengakses permodalan, Komunal sebagai perusahaan teknologi finansial bergerak cepat mencari solusinya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Melihat sektor usaha mikro, kecil dan menengah ( UMKM ) yang masih mengalami kesulitan dalam mengakses permodalan, meski peran mereka sangat besar dalam menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Melihat permasalahan tersebut, Komunal sebagai perusahaan teknologi finansial bergerak cepat mencari solusinya.



Komunal adalah perusahaan fintech yang memiliki misi untuk mendorong inklusi keuangan melalui digitalisasi Bank Perekonomian Rakyat (BPR) dengan menggabungkan akses pendanaan dan pinjaman untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui dua produknya DepositoBPR by Komunal dan P2P Lending .

Komunal yang dipimpin oleh Founder dan CEO Hendry Lieviant lantas meluncurkan produk DepositoBPR by Komunal di bawah PT Komunal Sejahtera Indonesia pada 20 Agustus 2021.



Melalui produk DepositoBPR by Komunal yang notabene merupakan aplikasi marketplace deposito BPR pertama di Indonesia ini, Komunal menyediakan akses terhadap produk deposito dari 250 lebih BPR yang sudah dikurasi keamanannya oleh tim Komunal.

“Kami melihat financial gap yang besar di mana sektor UMKM memerlukan dukungan pendanaan. Sementara kami lihat BPR memerlukan dukungan modal untuk dapat menyalurkan permodalan kepada UMKM. Untuk itu kami luncurkan solusinya yakni dengan cara mendigitalisasi BPR dengan produk DepositoBPR by Komunal. Sehingga nasabah di seluruh Indonesia dapat dengan mudah menempatkan dana mereka di deposito BPR melalui aplikasi kami dan kemudian BPR dapat menyalurkannya kepada UMKM,” jelas Hendry.

Hal itu disampaikan dalam acara Press Conference Komunal: Indonesia’s Neo Rural Bank Pioneer, Fintech Startup Mendorong Inklusi Keuangan di Indonesia Melalui Digitalisasi BPR di kantor Komunal di Sampoerna Strategic Square Building, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (9/5).

Keputusan untuk membantu UMKM melalui digitalisasi BPR pun dipandang Hendry sangat tepat. Sebabnya, berdasarkan pengamatan Komunal, mayoritas UMKM berada di kota-kota tier 2 dan 3, seperti halnya keberadaan BPR.

Karena itu, dengan 6.000 kantor cabang di seantero Indonesia, BPR dapat menjangkau UMKM dengan lebih efektif lantaran memiliki local presence yang kuat. Sehingga kerja sama Komunal dalam penyediaan teknologi digital untuk BPR telah menjadi simbiosis mutualisme, alias kerja sama yang saling menguntungkan.

“BPR telah beroperasi selama puluhan tahun di berbagai daerah dan memiliki local presence dan local knowledge yang kuat. Sehingga, bersama-sama BPR, Komunal yakin dapat menjadi tulang punggung dalam mengatasi kesenjangan inklusi finansial yang ada saat ini, khususnya yang dialami oleh UMKM kita,” jelas Hendry.

DepositoBPR by Komunal (PT Komunal Sejahtera Indonesia) sendiri merupakan aplikasi marketplace produk deposito pertama, dan hingga kini masih satu-satunya, ke lebih dari 250 BPR di Indonesia. “DepositoBPR by Komunal sering dikira bank, padahal merupakan platform kami yang mengumpulkan produk deposito bank-bank BPR pilihan pada satu aplikasi,” ungkap Hendry menerangkan mispersepsi publik yang kerap terjadi.

Peluncuran DepositoBPR by Komunal sendiri merupakan bagian dari Grand Strategy Komunal dalam mereposisi bisnisnya menjadi neo-rural bank, yakni perusahaan fintech yang pertama dan satu-satunya penyedia aplikasi marketplace deposito BPR di seluruh Indonesia.

“Dengan cara ini, kami menggabungkan best in class technology berupa keunggulan teknologi fintech Komunal dan strong local physical presence, yakni kehadiran 6.000 kantor cabang BPR di seantero Indonesia yang memudahkan masyarakat dalam mendatangi kantor BPR manakala dibutuhkan,” jelas Hendry.

Selain itu, dengan aplikasi DepositoBPR by Komunal diharapkan dapat meningkatkan porsi penyimpanan dana nasabah di BPR. Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), total dana tabungan dan deposito yang ditempatkan di bank komersial di Indonesia hingga akhir Desember 2022 mencapai 98%, sehingga hanya 2% yang ditempatkan di BPR.

“Karena itu dengan hadirnya DepositoBPR by Komunal kami berharap dapat meningkatkan porsi tabungan dan deposito di BPR,” harap Hendry.

Hendry menerangkan, faktor keamanan selalu menjadi fokus produk DepositoBPR by Komunal. Karena itu pihaknya melakukan seleksi ketat kepada BPR-BPR yang ingin bergabung, yaitu harus terdaftar sebagai peserta penjaminan LPS dan telah lolos kurasi yang ditetapkan oleh Komunal.

“Karena itu kami berani menetapkan tiga benefit DepositoBPR by Komunal, yakni; Lebih Untung dengan bunga yang lebih tinggi dari bank umum yakni hingga 6,75%; Lebih Aman karena telah kami seleksi dan kurasi serta dijamin LPS. Last but not least, Lebih Praktis karena sekali daftar di DepositoBPR by Komunal, nasabah bisa menyimpan dana di 250 BPR di seluruh Indonesia tanpa perlu mendatangi kantornya,” terang Hendry.

Sejauh ini Komunal telah melihat indikator positif dalam usahanya mendorong laju inklusi keuangan di Indonesia. Berbagai mitra BPR Komunal pun turut diuntungkan, yang terlihat dari pertumbuhan asset dan profitabilitas mereka yang signifikan.

“Bahkan ada yang berhasil membalikkan keadaan rugi menjadi profit setelah bekerjasama dengan Komunal,” ungkap Hendry.

Ke depan Komunal akan terus memperkuat posisinya demi mencapai misi mendorong inklusi keuangan di Indonesia. “Caranya dengan mengombinasikan antara teknologi untuk mempermudah penyaluran deposito ke ratusan BPR di seluruh Indonesia dan berkolaborasi dengan BPR di berbagai daerah untuk penyaluran kredit UMKM, terutama di kota-kota tier 2 dan 3,” ujar Hendry.

Kekuatan Komunal sendiri terus bertumbuh sejak berdiri di tahun 2019. Hingga kini Komunal telah mengumpulkan total funding sebesar USD11,3 juta dari berbagai perusahaan modal ventura terkemuka.

“Volume business Komunal telah berkembang pesat dari penyaluran kredit sebesar Rp70 miliar di tahun 2019 ke total transaksi deposito dan pinjaman sebesar Rp3,6 triliun pada tahun 2022,” urai Hendry.

Adapun di kuartal pertama tahun 2023, Komunal mencatat Rp1,75 triliun total transaksi deposito dan pinjaman UMKM, bertumbuh 3,5 kali lipat dari transaksi pada periode yang sama di tahun 2022.

Selain memperkuat kemitraan dengan BPR, strategi lain Komunal untuk bertumbuh yakni dengan membuka kantor di Jakarta, dari sebelumnya yang berada di Surabaya, Jawa Timur. “Alasan utama pembukaan kantor di Jakarta adalah untuk men-support ekspansi bisnis Komunal untuk ke depannya. Sehingga dengan berbagai strategi dan juga kekuatan SDM kami yakin akan dapat mencapai misi kami untuk mendukung inklusi keuangan di Indonesia melalui digitalisasi BPR,” urai Hendry menutup penjelasannya.

Sedikit melihat ke belakang, Komunal sendiri awalnya didirikan di tahun 2019 sebagai perusahaan fintech Peer to Peer Lending (P2P) yang menghubungkan UMKM berpotensi dengan para pemberi dana untuk mendukung pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Seiring dengan perkembangan bisnis, Komunal mendirikan entitas baru DepositoBPR by Komunal, sehingga Komunal saat ini telah menjadi group of companies.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)