Ciptakan Konten Kreatif dari Budaya Lokal, Simak Tipsnya!

Jum'at, 12 Mei 2023 - 18:38 WIB
loading...
Ciptakan Konten Kreatif dari Budaya Lokal, Simak Tipsnya!
Indonesia memiliki kekayaan budaya yang luar biasa yang layak untuk dijadikan konten yang menarik. Foto/SINDOnews/Isra Triansyah
A A A
JAKARTA - Kreator konten atau content creator menjadi profesi kekinian yang banyak ditekuni terutama oleh generasi muda. Selain bisa menghasilkan cuan jika ditekuni secara serius dan konsisten, konten positif yang dibuat juga bisa mengangkat budaya Indonesia yang kaya dan luhur.

Hal itu mengemuka dalam webinar Makin Cakap Digital 2023 bertajuk “Cakap Membuat Konten Kreatif Berbasis Budaya Lokal” pada Senin (8/5). Webinar yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi itu menghadirkan sejumlah narasumber.

Antara lain praktisi komunikasi Andi Widya Syadzwina, dosen dan Kepala Program Studi Ilmu Administrasi Publik FISIP Unpar Trisno Sakti Herwanto, serta Koordinator Bidang Penelitian dan Pengembangan SDM Relawan TIK Provinsi Bali Ni Kadek Sintya.

Andi Widya mengatakan, di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital seperti sekarang ini, informasi banyak dikemas dalam beragam bentuk dan cara, salah satunya lewat konten di media sosial (medsos).

Dia menjelaskan, konten didefinisikan sebagai informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik, seperti tulisan, gambar, video, atau audio visual. Konten disebut menarik apabila menawarkan sesuatu yang baru, perspektif baru, pengetahuan baru, menginspirasi, atau menghibur.

“Konten yang menarik memiliki beberapa indikator, yaitu banyak ditonton atau dikunjungi audiens, banyak klik like atau comment, konten disimpan dan dibagikan ke orang lain, serta menjadi perbincangan warganet (viral),” paparnya dalam webinar yang ditujukan untuk komunitas di Jawa Barat, dikutip Jumat (12/5/2023).

Andi lantas memberikan sejumlah tips agar sebuah konten menarik bagi warganet atau audiens. Menurut dia, agar disukai banyak orang, konten harus asli atau orisinil, unik, sesuai tren kekinian, dan memiliki akurasi yang tinggi dalam hal penyampaian informasi. Konten sebaiknyajuga terhubung dengan komunitas tertentu dan konsisten dalam hal produksinya.

Ni Kadek Sintya menambahkan, Indonesia memiliki kekayaan budaya yang luar biasa yang layak untuk dijadikan konten yang menarik.
Budaya asli Indonesia tersebut meliputi bahasa daerah, adat-istiadat, pakaian tradisional, lagu daerah, seni dan kerajinan, kuliner Nusantara, musik dan tari, arsitektur, kepercayaan dan nilai, atau upacara keagamaan. Seluruh kekayaan tersebut sangat memungkinkan untuk didokumentasikan secara digital.

“Namun, perlu memperhatikan hal-hal berikut untuk membuat konten digital terkait budaya, yaitu meriset terlebih dahulu konten budaya yang hendak dibuat, memperhatikan etika, mendapat izin dari tokoh adat setempat, menyertakan informasi edukatif, menggunakan sumber informasi terpercaya, kreatif tetapi penuh kehati-hatian, serta menghargai keragaman budaya yang ada,” urainya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2758 seconds (0.1#10.140)